Tips Memilih Burung Kenari yang Bagus dan Berkualitas

Diposting pada

Anda hobi memelihara burung kicau? tentu sudah tidak asing lagi ya dengan burung kenari. burung kecil mungil bersuara merdu ini memang terkenal dengan suara kicauanya yang indah. karena itu burung ini sering sekali di adu atau lombakan di berbagai daerah dengan hadiah yang fantastis. namun memilih burung kenari yang bagus dan bermental juara yang akan di ikutkan kontes tidaklah sembarangan, anda harus paham betul dalam memilih anakan, bahan atau bakalan yang bagus mulai dari ciri fisik, warna, jenis kelamin dan lain sebagainya.

Burung kenari adalah burung yang begitu populer, hampir semua penghobi burung memeliharanya sebagai koleksi ataupun hiasan karena warna dan corak bulunya yang indah. kenari memiliki berbagai macam jenis, diantaranya kenari norwich, kenari roller, kenari belgia, kenari border, kenari yorkshire dan masih banyak lagi. dari jenis-jenis kenari tersebut yang sangat menonjol untuk membedakanya adalah dari warna dan corak bulu. dari macam-macam jenis burung kenari tersebut, kenari kenari yorkshire adalah jenis kenari yang paling istimewa, karena memiliki bentuk fisik yang gagah dan kuat.

Burung kenari adalah burung yang mudah berkembang biak dan tidak memerlukan perlakuan khusus saat memeliharanya, hal ini membuat burung ini banyak di ternakan atau di budidayaan. biasanya hasil dari budidaya tersebut yaitu anakan burung kenari dijual di pasar burung secara ombyokan atau jumlah yang banyak dalam satu kandang besar. kalau sudah seperti itu, otomatis kita harus pintar-pintar memilih 1 atau 2 burung kenari yang prospek dari. kalau sudah begini, pasti akan ada yang bertanya, trus bagaimana cara memilih burung kenari yang bagus dan bekualitas? nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, di bawah ini admin sudah menyediakan informasi tentang tips memilih bahan kenari untuk kontes yang semoga bisa membantu anda semua.

cara memilih burung kenari yang bagus

Sejeni : Download Suara Burung Kenari Gacor Mp3

Sebelum memilih burung yang bagus dan berkualitas, kita ketahuin dulu cara membedakan atau mengetahui jenis kelamin kenari jantan dan betina.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Berkualitas

  • Kenari Jantan

Kenari jantan memiliki kepala yang sedikit kotak serta pipih di bagian atas kepala. bentu tubuhnya lebih ramping dan lebih panjang dari kenari betina. bagian paruh lebih terlihat besar dan tebal, serta bagian leher burung kenari jantan akan nampak lebih panjang dan lebih berisi.

  • Kenari Betina

Kenari betina memiliki kepala yang cenderung terlihat lebih bulat, tubuhnya lebih berisi namun lebih pendek. untuk bagian kaki, kenari betina memiliki ukuran kaki yang lebih kecil dan lebih pendek dari jantan. selain itu bisa juga di lihat dari bagian mata, untuk kenari betina posisi mata jika di sejajarkan dengan paruh akan nampak lebih keatas, sedangkan jantan akan terlihat lurus.

Cara Memilih Burung Kenari Yang Bagus Mental Juara

– Pilih Kenari yang agresif dan lincah

Pada saat akan membeli burung kenari yang ada pada kandang ombyokah, jangan lupa perhatikan satu persatu tingkah laku dari burung-burung tersebut. pilihlah burung kenari yang agresif lincah dan tidak mau diam, terbang kesana dan kemari. kenapa yang agresif? karena kenari yang agresif sejak awal, akan lebih mudah di latih dan memiliki mental baja, sehingga saat di adu tidak mudah down atau macet bunyi.

– Pilih Kenari Berwarna Bond

Burung kenari memiliki dua warna dasar, yaitu bond dan polos. untuk warna bond sendiri meliputi putih, orange, kuning dan merah. burung kenari berwarna bond memiliki keistimewaan, yaitu lebih cepat mengeluarkan bunyi di banding jenis polos, maka dari itu kenari berwarna bond di jual hampir di semua toko burung di Indonesia.

– Bentuk Paruh

Membedakan burung kenari yang prospek dan gacor, bisa di lihat dari bentuk paruhnya. burung kenari dengan bentuk paruh yang mengkilap, tebal dan panjag, biasanya menandakan bahwa kenari tersebut memiliki suara yang keras, tajam dan panjang.

– Indukan/Keturunan

Indukan atau keturunan juga mempengaruhi bagus tidaknya anakan burung kenari. jadi sebelum membeli kenari, bisa anda tanyakan terlebih dulu kepada si penjual mengenai indukan burung kenari tersebut. kalau indukanya bagus, maka kenari yang di hasilkan juga akan bagus, seperti pepatah, buah jatuh tidak jauh dari pohonya.

– Bentuk Mata dan Pandangan Mata

Kenari gacor bisa di lihat juga dari bentuk matanya. mata kenari yang terlihat tajam dan bengis, biasanya kenari tersebut memiliki mental yang kuat. selain itu, pilihlah mata kenari yang terlihat bening, itu menandakan burung kenari tersebut sehat.

– Bulu

Pilihlah kenari yang memiliki bulu halus saat memilih di kandang ombyokan. karena kenari dengan bulu yang halus, menandakan bahwa kenari tersebut di takuti kenari lainya, sehingga tidak ada yang berani mengganggunya di dalam kandag.

Oke bos, demikian adalah tips dan trik cara memilih burung kenari yang bagus dari admin, semoga bisa membantu anda-anda semua para penghobi burung kicau dari berbagai nusantara. wasalamualaikum wr. wb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *