Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah

Diposting pada

Assalamualaikum wr. wb., pada artikel kali ini Ciudad1.com akan membahas tentang tata cara sholat tahajud sesuai sunnah yang meliputi doa sholat tahajud, niat sholat tahajud hingga keutamaan sholat tahajud. Semoga pada pembahasan ini kita semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Sholat tahajud adalah sholat sunnah malam yang sangat istimewa, karena satu-satunya sholat sunnah yang perintahnya langsung disebut didalam Al Qur’an berserta dengan keutamaannya. Sehingga umat islam sangat dianjurkan untuk mendawamkan sholat sunnah tahajud.

Oleh sebab itu mari kita pelajari tentang tata cara sholat tahajud yang benar sesuai sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah

Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah

Cara mengerjakan sholat sunnah tahajud sama seperti sholat sunnah pada umumnya. Sebelum maksanakan sholat disyaratkan untuk bersuci dari hadats kecil maupun hadats besar, suci badan, pakaian dan tempat dari najis, menutup aurat dan menghadap kiblat. Cara mengerjakannya yaitu 2 rakaat 1 salam.

Secara ringkas berikut ini cara mengerjakan sholat sunnah tahajud :

  • Niat
  • Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat atau ayat Al Qur’an. Rasulullah biasa membaca surat yang panjang-panjang.
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat atau ayat Al Qur’an. Rasulullah biasa membaca surat yang panjang.
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  • Salam

Jika sudah paham dengan tata cara mengerjakan sholat sunnah tahajud, mari kita lanjutnkan pada point berikutnya.

Baca juga : Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu

Niat Sholat Tahajud

Berikut ini lafadz niat sholat sunnah tahajud,

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

“Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Waktu Sholat Tahajud

Waktu Sholat Tahajud

Tahajud merupakan ibadah qiyamul lail atau sholat lail, yang artinya hanya bisa dikerjakan pada malam hari. Waktu pengerjaan sholat tahajud yaitu setelah isya’ hingga sebelum Subuh dan dahului dengan tidur. Jadi bagi yang ingin mengerjakan sholat tahajud harus tidur terlebih dahulu.

Waktu sholat tahajjud dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  • 1/3 malam awal yaitu pada waktu antara (setelah sholat isya’) 08.00 WIB – 22.30 WIB,
  • 1/3 malam pertengahan yaitu pada pukul 22.30 WIB – 01.30 WIB,
  • 1/3 malam akhir yaitu jam 01.30 WIB – 04.30 WIB (Sebelum Subuh).

Dan waktu yang paling utama yaitu pada waktu 1/3 malam akhir sebagaimana sabda Nabi shalallahu ‘alahi wa sallam, yang artinya :

”Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ’Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 1808).

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Sholat sunnah tahajud dikerjakan minimal 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Berikut ini beberapa hadits yang menjelaskan tentang jumlah rakaat sholat tahajud Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Hadist shahih dari Ibnu Abbas

“Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam biasa mengerjakan Sholat malam sebanyak 13 Rakaat.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Dari hadist diatas Rasulullah mengerjakan sholat malam sebanyak 13 rakaat yang terdiri dari 12 rakaat sholat tahajud dan 1 rakaat sholat witir.

Hadits dari Zaid bin Kholid Al Juhani

”Aku pernah memperhatikan sholat malam yg dilakukan oleh Rasulullah yang mengerjakan 2 rakaat ringan. Setelah itu Rasulullah melaksanakan sholat 2 Rakaat. Lalu Rasulullah mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi. Lalu Beliau mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yg lebih pendek. Rasulullah mengerjakan Sholat 2 Rakaat yg lebih ringan dari sebelumnya. Lalu dilanjutkan mengerjakan sholat 2 Rakaat lagi yg lebih ringan dari sebelumnya. Terakhir Rasulullah melakukan sholat witir 1 Rakaat. Jumlah seluruhnya Rasulullah mengerjakan sholat sunah alam sebanyak 13 Rakaat.” (Hadits Riwayat Muslim).

Hadits Shahih dari Ibnu Umar Ra

Ada seseorang yg bertanya pada Rasulullah tentang Sholat Malam, kemudian rasulullah bersabda:

”Sholat Malam atau sholat tahajud itu 2 Rakaat 2 Rakaat. Jika salah seorang dari kalian Khawatir akan masuk waktu Subuh, maka hendak-lah lakukan sholat sunah Witir 1 Rakaat sebagai Penutup yang menjadi sholat yangg sudah dilakukan sebelumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadits diatas para ulama menyimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud adalah minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Cara mengerjakan sholat tahajud 12 rakaat tetap dilakukan dengan cara 2 rakaat salam 2 rakaat salam.

Doa Sholat Tahajud

Bacaan Doa Sholat Tahajud

Setelah mengerjakan sholat kita dianjurkan untuk berdoa. Terlebih setelah mengerjakan sholat tahajud disepertiga malam akhir, insya Allah doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh-Nya.

Sholat sunnah biasanya memiliki doa khusus seperti halnya sholat dhuha, begitu pula dengan sholat tahajjud yang memiliki doa khusus. Berikut ini doa setelah sholat tahajud yang diajarkan oleh Rasulullah.

Yang pertama,

Riwayat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu :

Lafadz Doa Sholat Tahajud Panjang

Doa Setelah Sholat Tahajud Latin

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.”

“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta.”

Artinya :

Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau yang mengatur langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau pencipta langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Engkau Maha benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar. Surga itu benar, neraka itu benar, dan kiamat itu benar.

Ya Allah, hanya kepada-Mu aku pasrah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, hanya kepada-Mu aku bertaubat, hanya dengan petunjuk-Mu aku berdebat, hanya kepada-Mu aku memohon keputusan, karena itu, ampunilah aku atas dosaku yang telah lewat dan yang akan datang, yang kulakukan sembunyi-sembunyi maupun yang kulakukan terang-terangan. Engkau yang paling awal dan yang paling akhir. Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. (HR. Muslim, Ibnu Majah dan Ahmad)

Yang kedua,

Riwayat Aisyah radhiyallahu ‘anha:

Doa Sholat Tahajud Pendek

Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, dan Israfil. Pencipta langit dan bumi. Yang mengetahui yang gaib dan yang nampak. Engkau yang memutuskan diantara hamba-Mu terhadap apa yang mereka perselisihkan. Berilah petunjuk kepadaku untuk menggapai kebenaran yang diperselisihan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki menuju jalan yang lurus. (HR. Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud)

Keutamaan Sholat Tahajud

1. Kedudukan Terpuji

Orang yang rutin mengerjakan sholat tahajud dengan ikhlas insya Allah derajatnya akan diangkat. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra ayat 79:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

2. Kunci Masuk Surga

Salah satu kunci surga yaitu menjalankan sholat tahajud, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yang artinya :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا الأَرْحَامَ وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

3. Sholat Sunnah Paling Utama

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

“Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

4. Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain diangkat derajatnya, orang yang rajin sholat tahajud akan mendapatkan kemuliaan dan kewibawaan. Sebagaimana sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini :

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

5. Doanya Dikabulkan

Orang yang mengerjakan sholat tahajud, terutama pada waktu sepertiga malam yang terakhir, insya Allah do’anya akan dikabulkan. Sebagaimana hadits Rasulullah berikut ini :

”Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ’Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 1808).

6. Kebiasaan Orang Shalih

Sholat sunnah tahajud merupakan kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Maka orang yang senantiasa mengerjakan sholat sunnah tersebut termasuk sebagai orang-orang yang shalih sebagaimana mereka.

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

Itulah beberapa keutamaan mengerjakan sholat tahajud, semoga dengan mengetahi keutaman dari sholat tahajud akan membuat kita termotivasi untuk mendawamkan sholat sunnah paling utama tersebut.

Sekian pembahasan kita tentang tata cara sholat tahajud sesuai sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Semoga apa yang sudah kami sampaikan pada artikel ini mudah untuk dibaca dan dipahami sehingga kita semua mendapatkan ilmunya.

Baca juga : Puasa Syaban 2019

Jika teman-teman merasa bahwa artikel ini bermanfaat, kami mohon untuk membagikan ke taman-teman yang lain supaya ilmu ini dapat dipahami semua orang. wasalamualaikum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *