Tata Cara Shalat Tarawih Sendiri

Bagaimana Cara Shalat Tarawih Sendiri ?

Pada artikel sebelum kami sudah membagikan cara sholat tarawih berjamaah lengkap dengan pengertian, hukum, niat serta keutamaannya.

Sedangkan pada artikel kali ini, Ciudad1.com akan membagikan materi tentang cara shalat tarawih sendiri.

Pada umumnya shalat tarawih dikerjakan secara berjamaah di masjid maupun mushola, namun perlu teman-teman ketahui bahwa shalat tarawih juga bisa dikerjakan sendiri dirumah.

Mari kuta kupas, apa landasaran mengerjakan shalat tarawih sendiri dan bagaimana cara mengerjakannya.

Tata Cara Shalat Tarawih Sendiri

Tata Cara Shalat Tarawih Sendiri

Hukum shalat tarawih adalah Sunnah, oleh karena itu para ulama sepakat bahwa shalat tarawih mengikuti hukum sunnah pada umumnya yang tidak harus dilakukan di masjid serta boleh dikerjakan sendiri maupun berjamaah.

Lebih Afdal Shalat Tarawih Berjamaah atau Sendiri?

Dalam hal ini ada perbedaan pendapat diantara para ulama,

An-Nawawi menyebutkan perselisihan ini,

واختلفوا في أن الأفضل صلاتها منفردا في بيته أم في جماعة في المسجد فقال الشافعي وجمهور أصحابه وأبو حنيفة وأحمد وبعض المالكية وغيرهم الأفضل صلاتها جماعة كما فعله عمر بن الخطاب والصحابة رضي الله عنهم واستمر عمل المسلمين عليه لأنه من الشعائر الظاهرة فأشبه صلاة العيد

Ulama berbeda pendapat tentang mana cara pengerjaan tarawih yang afdhal, dikerjakan sendiri di rumah ataukah berjamaah di masjid. Imam Syafi’i, beserta mayoritas ulama Syafi’iyah, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad dan sebagian ulama Malikiyah berpendapat bahwa lebih afdhol shalat tarawih dilaksanakan secara berjama’ah. Sebagaimana yang dilakukan Umar bin Khattab dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Kaum muslimin pun terus menerus melakukan shalat ini secara berjama’ah karena merupakan syi’ar islam yang nampak sehingga serupa dengan shalat ‘id.

Kemudian, an-Nawawi menyebutkan pendapat kedua,

وقال مالك وأبو يوسف وبعض الشافعية وغيرهم الأفضل فرادى في البيت لقوله صلى الله عليه وسلم أفضل الصلاة صلاة المرء في بيته إلا المكتوبة

Sementara Imam Malik, Abu Yusuf, sebagian ulama syafiiyah, dan yang lainnya, berpendapat bahwa yang afdhal dikerjakan sendiri-sendiri di rumah. Berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”Shalat yang paling afdhal adalah shalat yang dikerjakan seseorang di rumahnya. Kecuali shalat wajib.” (Syarh Shahih Muslim, 6/39)

Dan berdasarkan hal tersebut, pendapat yang paling kuat adalah pendapat mayoritas ulama mengingat adanya motivasi khusus dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengerjakan sholat tarawih berjamaah di masjid.

Kesimpulan dari keterangan di atas,

  • Shalat tarawih boleh dikerjakan di rumah atau di selain masjid, baik sendirian atau berjamaah bersama keluarga.
  • Jika memungkinkan, shalat tarawih dikerjakan berjamaah bersama imam masjid, lebih utama. Karena bernilai pahala seperti shalat semalam suntuk
  • Jika pelaksanaan shalat tarawih di masjid sekitar kita tidak berkualitas, dan tidak ada pilihan majid lain, maka sebaiknya shalat tarawih di rumah sendirian atau bersama keluarga, dengan berusaha menjaga kualitas shalat

Cara Shalat Tarawih Sendiri 11 Rakaat

Cara mengerjakan shalat tarawih sama seperti mengerjakan shalat sunnah pada umumnya, yaitu 2 rakaat 1 salam. Lakukan hingga 8 rakaat dengan pola 2 rakaat 1 salam. Selanjutnya diakhiri dengan shalat witir 3 rakaat yang terdiri dari 2 rakaat 1 salam + 1 rakaat 1 salam (selengkapnya silahkan baca : Tata Cara Shalat Witir )

Secara ringkas berikut ini urutan shalat tarawih :

  1. Pelafalan niat shalat Tarawih (silahkan baca Niat Shalat Tarawih)
  2. Niat di dalam hati ketika takbiratul ihram.
  3. Mengucap takbir ketika takbiratul ihram sambil niat di dalam hati.
  4. Baca ta‘awudz dan Surat Al-Fatihah. Setelah itu baca salah satu surat pendek Al-Quran dengan jahar (lantang).
  5. Rukuk.
  6. Itidal.
  7. Sujud pertama.
  8. Duduk di antara dua sujud.
  9. Sujud kedua.
  10. Duduk istirahat atau duduk sejenak sebelum bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua.
  11. Bangkit dari duduk, lalu mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama.
  12. Salam pada rakaat kedua.

Setelah mengerjakan 8 rakaat, dilanjutkan dengan mengerjakan shalat witir 3 rakaat dan ditutup dengan doa.

Demikianlah tata cara shalat witir sendiri 11 rakaat, semoga pejelasan kami mudah untuk dipahami dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau ada salah dari penyampaian kami silahkan tuliskan pada komentar dibawah ini.

Tags: