Download Kumpulan Suara Burung Trucukan Gacor Mp3

Suara Burung Trucukan Gacor Mp3 – Burung trucukan atau merbah cerukcuk burung kicau yang cukup populer di Indonesia.

Hampir disetiap daerah burung trucukan memiliki sebutan yang berbeda-beda, misalnya di Jawa disebut dengan burung cerocokan, sedangkan orang sunda menyebutnya cica / cucak / jogjog.

Perbedaan seperti ini menjadi salah satu bukti bahwa negeri kita tercinta ini memiliki berbagai keragaman budaya serta kaya akan flora dan fauna.

Download Suara Burung Trucukan Gacor

Download Suara Burung Trucukan Mp3

Burung trucukan memiliki suara kicau yang bagus, bervolume tinggi dan unik. Ada suara khas yang biasa dikeluarkan seekor burung trucuk.

Selain itu, burung jenis merbah ini juga pandai meniru suara kicau burung lain. Kemampuannya mirip dengan burung kutilang.

Seekor burung trucukan ropel, biasanya akan berkicau sambil bergaya yang disebut dengan garuda. Mereka akan mengembangkan kedua sayapnya sembari berkicau.

Gaya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para kicaumania, sebab selain mendengarkan kicaunnya, kita juga bisa melihat atraksi yang unik.

Karakteristik Burung Trucukan

Tidak hanya kemampuannya saja yang seperti burung kutilang. Namun dari segi fisik pun sangat mirip. Bahkan jika kalian melihat dari jauh pun akan kesulitan untuk membedakannya.

Untuk perawatan trucukan terbilang sangat mudah, sebab burung ini tidak mudah stress. Makananya pun sangat mudah, kalian bisa memberikan aneka serangga seperti jangkrik, belalang, ulat serta buah-buahan lunak seperti pisang dan pepaya.

Oh iya, agar lebih paham dengan burung trucuk, berikut ciri-ciri singkatnya.

Ciri-Ciri Burung Trucukan

  • Bulu pasa sisi atas berwarna coklat kelabu gelap, sedangkan sisi bawah berwarna putih kusam.
  • Panjang tubuh dari ujung paruh hingga ujung ekor sekitar 20 cm.
  • Mempunyai jambul berwarna kehitaman.
  • Bulu dibagian tunggir (pantat) berwarna kuning cerah.
  • Trucukan betina posturnya lebih kecil dibandingakan dengan trucukan jantan.
  • Saat berkicau sering memekarkan kedua sayapnya “Garuda”.

Download Kumpulan Suara Burung Trucukan

1. Suara trucukan “ngebren” => Download

2. Suara trucukan ropel 1 => Download

3. Suara trucukan ropel 2 => Download

4. Suara trucukan ropel 3 => Download

5. Trucuk Betina Ngeropel Full Isian => Download

6. Kicau mewah burung trucukan isian variasi => Download

7. Suara Anak Burung Trucukan => Download

Baca juga :

Makanan Burung Trucukan

Pakana apa saja sih yang bagus dan membuat burung trucukan rajin berbunyi?

Tidak bisa dipungkiri, pakan merupakan salah satu faktor yang mampu membuat burung rajin berkicau. Sebab pakan merupakan sumber energi dan nutrisi bagi makhluk hidup, termasuk burung.

Dengan memberikan trucukan pakan yang baik, insyaallah akan membuatnya lebih rajin berbunyi.

Berikut ini daftar makanan yang bagus untuk trucukan :

1. Buah dan Sayur

Bagi para kicaumania, memberikan buah dan sayur pada burung merupakan hal yang biasa. Namun bagi para pemula, mungkin masih mempertanyakannya.

Mengkonsumsi buah dan sayur sangatlah penting bagi burung, termasuk burung trucukan. Manfaatnya yaitu agar kesehatan dan staminanya terjaga.

Buah-buahan yang disukai trucukan biasanya yang memiliki daging lembut, seperti pisang, pepaya dan mangga.

Sedangkan sayuran yang bisa kalian berikan yaitu oyong atau gambas. Burung trucukan yang sering mengkonsumsi oyong atau gambas diyakini lebih rajin berkicau.

2. Serangga

Pemberian pakan berupa serangga adalah hal yang tidak boleh kalian lewatkan. Setelah burung didalam sangkar (dipelihara) biasanya akan dilatih makan voer, namun pemberian serangga seperti jangkrik, kroto atau ulat hongkong harus dilakukan.

Berikanlah jangkrik minimal 2 ekor, pagi dan sore setiap harinya sebagai makanan tambahan. Untuk menunjang agar trucukan lebih rajin berikicau, berikan kroto dan ulat hongkong.

Oh iya, meski sudah diberikan serangga, sebaiknya tetap sediakan buah dan sayur di sangkarnya.

3. Voer

Untuk memudahkan proses pemeliharaan, padan voer menjadi utama yang diberikan. Pastikan pilih voer yang memiliki protein tinggi.

Selain itu, kalian juga bisa mengolah voer normal dengan menambahkan telur rebus, tepung udang, tepung kacang kedelai dan tepung daging sebelum diberikan pada burung.

Dengan ramuan tersebut diyakini akan membuat burung trucukan rajin berbuyi.

Demikianlah kumpulan suara trucukan ropel yang sudah kami bagikan, semoga file tersebut dapat bermafaat. Apabila kalian mencari suara kicua burung lain, silahkan gunakan fitur pencarian yang sudah disediakan didalam website Ciudad1.com ini.

Tags: