Pengertian Teknologi, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

Diposting pada

Keseharian kita tidak lepas dari yang namanya teknologi, apalagi di era modern seperti ini, teknologi sudah sangat canggih. teknologi tercipta dari kratifitas sumber daya manusia yang hidup di negara-negara maju, seperti amerika, jepang dan rusia. berbagai teknologi canggih dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia dan sebagai alat pertahanan negara.

Sejarah teknologi berkaitan dengan alat atau hasil penemuan manusia yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan atau digunakan untuk memudahkan aktifitas manusia. sejarah teknologi membahas tentang perkembangan teknologi secara umum. sains dan teknologi adalah suatu hal yang sangat luas.

Pengertian Teknologi

Pengertian Teknologi

Secara umum teknologi (technology) adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kreatifitas dalam menciptakan mesin atau alat canggih, metode pengolahan dan ekstraksi benda untuk membantu dan memudahkan pekerjaan manusia.

Definisi teknologi adalah ilmu yang berhubungan dengan alat atau mesin yang diciptakan manusia untuk mempermudah manusia itu sendiri untuk menyelesaikan berbagai macam masalah atau pekerjaan yang ada di dunia.

Contoh Teknologi

Berikut adalah contoh-contoh sederhana dari teknologi yang membantu dan mempermudah manusia dalam menjalani kagiatan sehari-hari.

  1. Teknologi handphone, memudahkan manusia untuk berkomunikasi jarak jauh secara langsung dengan video call ataupun dengan pesan chat yang akan langsung sampai dalam hitungan detik tanpa harus menunggu berhari-hari.
  2. Teknologi kendaraan umum : dengan adanya teknologi kendaraan umum, manusia menjadi lebih cepat dalam mencapai lokasi yang di tuju. biasanya kalau jalan kaki atau naik sepeda butuh waktu 1-2 jam, dengan adanya kendaraan bermotor, waktu tersebut bisa di tempuh hanya dalam waktu 10 menit saja.
  3. Teknologi pesawat terbang, sama seperti kendaraan umum lainya, pesawat terbang memudahkan kita dalam mencapai tujuan dengan lebih cepat. namun untuk kelas pesawat terbang, biasanya digunakan untuk menempuh jarak yang lebih jauh, biasanya antar pulau atau antar negara, misalnya dari indonesia menuju ke thailand dan vietnam.
  4. Teknologi mesin pertanian, teknologi ini sangat berguna untuk para petani dalam menyelesaikan pekerjaanya dengan lebih ringan dan lebih cepat. mulai dari pembuatan lahan, penanaman dan pemanenan. biasa petani yang mempunyai alat canggih seperti ini adalah para kelompok tani yang bekerja sama dengan koperasi atau PT PT besar.
  5. Dan masih banyak lagi.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Agar lebih paham dengan pengertian teknologi, silahkan simak beberapa pendapat dari para ahli berikut ini.

Teknologi Menurut Mardianto

Teknologi adalah suatu perilaku produk informasi dan praktek-praktek baru yang belum banyak di ketahui dan digunakan oleh masyarakat. ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dua hal yang saling berhubungan, jika ada ilmu pengetahuan maka teknologi juga ada.

Teknologi Menurut Jacques Ellil

Teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

Teknologi Menurut Manuel Castells

Teknologi adalah suatu alat, aturan, dan prosedur penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan.

Teknologi Menurut  Iskandar Alisyahbana

Teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau mebuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra, dan otak manusia.

Jenis-Jenis Teknologi

Pada era modern seperti saat ini, teknologi sudah mempengaruhi segala aspek dalam kehidupan manusia. berikut ini adalah jenis-jenis teknologi yang paling banyak digunakan oleh kehidupan sehari-hari.

Teknologi Transportasi

Teknolofi transportasi berperan penting dalam kehidupan manusia untuk membantu manusia berpindah tempat secara lebih cepat sehingga menghemat waktu. contoh teknologi transportasi yaitu, kereta listrik, mobil, motor, pesawat.

Teknologi Informasi

Teknologi informasi berperan penting untuk membantu manusia dalam menyampaikan sebuah informasi kepada orang lain dalam waktu yang cepat. contoh dari teknologi informasi yaitu, tv, radio dan lain-lain.

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan adalah teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan dimana kegiatanya memanfaatkan alat bantu tertentu. contoh dari teknologi pendidikan yaitu, metode belajar online, peralatan laboratorium, komputer dan lain sebagainya.

Teknologi Medis

Teknologi medis merupakan teknologi yang berkaitan dengan dunia medis atau kedokteran. saat ini dunia medis memang telah di lengkapi dengan alat-alat canggih untuk membantu para dokter mengobati dan menyembuhkan para pasienya dengan lebih mudah. teknologi medis tersebut adalah, termometer, alat suntik, mesih USG dan masih banyak lagi.

Manfaat Teknologi dalam Kehidupan

Dibuat atau diciptakannya sebuah teknologi tentunya bertujuan untuk membantu berbagai pekerjaan atau aktifitas manusia. berikut ini adalah manfaat dari teknologi menurut bidang atau kategorinya.

Dalam Bidang Komunikasi dan Informasi

Manfaatnya adalah memudahkan proses komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat, serta tidak memakan banyak tenaga. kalau jaman dulu kita mengirimkan informasi atau pesan lewat surat dan membutuhkan waktu berhari dan berminggu-minggu untuk bisa sampai ketempat tujuan, sekarang dengan adanya smartphone, kita hanya tinggal usap dan pencet untuk bisa berkomunikasi dengan banyak orang.

Dalam Bidang Pertanian

Manfaat teknologi dalam bidang pertanian yaitu untuk mempermudah, meringankan dan mempercepat proses bertani, mulai dari penanaman bibit, pemupukan, perawatan hingga pemanenan. dengan adanya teknologi canggih dalam pertanian, hasil panen menjadi semakin bagus dan melimpah.

Dalam Bidang Perikanan

Manfaat teknologi dalam bidang perikanan yaitu untuk membantu para nelayan dalam proses penangkapan ikan agar hasilnya melimpah. salah satu contoh teknologi dalam perinakan adalah, alat detektor ikan, dengan alat yang canggih tersebut, para nelayan bisa menentukan spot-spot yang di huni banyak ikan.

Dan masih banyak lagi manfaat dari adanya teknologi.

Demikian adalah pengertian teknologi lengkap yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda semua. kita berharap semoga kedepannya indonesia melahirnkan anak-anak muda pintar yang mampu menghasilkan penemuan-penemuan baru dan teknologi canggih untuk membantu kebutuhan dalam negeri bahkan negara lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *