Pengertian Sosiologi, Sejarah, Tujuan dan Fungsi Sosiologi

Diposting pada

Pengertian sosiologi adalah – suatu kategori ilmu yang mempelajari tentang manusia sebagai mahluk hidup sosial dan semua interaksi, komunikasi manusia dalam lingkungan masyarakat.

Selan itu, definisi atau arti dari sosiologi juga bisa adalah, sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki budaya dan kepentingan bersama. sosiologi mempelajari prilaku masyarakat, perilaku sosial dengan cara mengamati perilaku kelompok yang di bangunnya.

Sosiologi dalam bahasa latin “socius” yang artinya kawam, sedangkan logos yang artinya ilmu pengetahuan. meskipun banyak definisi tentang sosiologi, namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

pengertian sosiologi

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Orang yang ahli dalam ilmu sosiologi disebut sosiolog, para ahli tersebut tentu memiliki pemikiran-pemikiran yang berbeda tentang makna dari sosiologi. berikut ini adalah penjelasan dari sosiologi menurut para ahli atau sosiolog dari seluruh dunia.

Baca Juga : Pengertian Teknologi, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

Sosiologi Menurut Paul B. Horton

Sosiologi adalah ilmu yang lebih terpusat pada penelaahan di dalam kehidupan kelompok serta produk kehidupan dari kelompok tersebut.

Sosiologi Menurut Soerjono Soekanto

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan pada perhatian dari segi kemasyarakatan. Dan sifatnya lebih umum yang bertujuan mendapatkan pola-pola umum yang ada pada kehidupan masyarakat.

Sosiologi Menurut Pitirim Sorokin

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara beragam gejala sosial, misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral.

Sosiologi Menurut Mayor Polak

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masyarakat secara keseluruhan, yaitu hubungan antara manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik itu kelompok formal maupun material ataupun kelompok statis maupun dinamis.

Sejarah Sosiologi

Pencetus sosiologi – istilah sosiologi sebagai cabang ilmu sosial dicetuskan pertama kali oleh ilmuwan prancis bernama august comte pada tahun 1842 dan sejak itu dikenal sebagai bapak sosiologi.

Sadar sosiologi – sosiologi merupakan ilmu tentang masyarakat lahir di eropa karena ilmuwan eropa pada abad ke-19 mulai menyadari perlunya secara khusus mempelajari kondisi dan perubahan sosial.

Teori sosiologi – para ilmuwan membangun suatu teori sosial berdasarkan ciri-ciri hakiki masyarakat pada tiap tahap peradaban manusia. august comte membedakan antara sosiologi statis, dimana perhatian dipusatkan pada hukum-hukum statis yang menjadi dasar adanya masyarakat dan sosiologi dinamis, dimana perhatian dipusatkan tentang perkembangan masyarakat dalam arti pembangunan.

Pemikiran sosiologi – rintisan atau ide comte tersebut disambut hangat oleh masyarakat luas, tampak dari tampilnya sejumlah ilmuwan besar di bidang sosiologi, antara lain helbert spencer, karl mark, emile durkheim, ferdinand tonnies dan masih banyak lagi, semua ilmuwan tersebut berasal dari eropa.

Semua pemikiran dari para ilmuwan ahli sosiologi tersebut di diskusikan dan di susun secara sistematis, agar harapan dan tujuan yang diinginkan sebelumnya bisa tercapai.

Tujuan Sosiologi

Sosiologi dibentuk untuk mengamati dan mempelajari masyarakat dari kondisi dan perubahan sosial. sebenarnya tujuan utama dicetuskannya ilmu sosiolgi yaitu, untuk meningkatkan daya dan kemampuan manusia dalam menyeseuaikan diri dengan lingkungan hidupnya.

Fungsi Sosiologi

1. Fungsi sosiologi dalam pembangunan sosial

Meningkatkan kualitas masyarakat dari sisi sosial dan budaya, termasuk di dalamnya aspek struktur sosial dan proses sosial.

2. Fungsi sosiologi pada tataran teoritis dan konseptual

  • Memberi alternatif teori dalam menjelaskan fenomena sosial
  • Mempertanyakan validitas pendapat umum yang beredar
  • Menawarkan kerangka teoritis untuk ilmu yang lebih praktis
  • Memberi kritik pada opini dominan di masyarakat

3. Fungsi sosiologi pada tataran praktis dan implementasi

  • Mempermasalahkan bentuk dominasi tak kasat mata yang dipraktikkan oleh pemilik kuasa
  • Melatih pembelajar untuk mampu berpikir kritis
  • Mengatasi masalah sosial yang tampak dan tak tampak
  • Mengurangi kesenjangan sosial

4. Fungsi sosiologi lainya adalah untuk melakukan perubahan dalam masyarakat yang direncanakan dan bertujuan untuk
membentuk kondisi masyarakat yang baik.

Demikianlah adalah pengertian dari sosiologi secara lengkap yang bisa saya share, semoga bisa bermanfaat. berkaitan dengan sosiologi, jika ada yang bertanya, apa arti dari sosiologi itu? mudah-mudahan artikel ini bisa membantu menjawabnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *