Pengertian Software: Pengertian, Fungsi, Contoh dan Macam-macam Perangkat Lunak

Diposting pada

Pengertian Software-Pada pembahasannya sebelumnya telah kita bahas salah satu komponen penting dari komputer yaitu hardware atau yang kita kenal dengan perangkat keras.

Nah, untuk melanjutkan pembahasan sebelumnya terkait komponen komputer, selanjutnya admin akan membahas pengertian software (perangkat lunak) secara lengkap.

Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Jika perangkat keras memliki sifat yang dapat dilihat kasat mata, dapat diraba dan memiliki bentuk fisik. Berbeda dengan perangkat lunak, perangkat lunak atau software ini tidak memiliki bentuk fisik dan tidak dapat dilihat ataupun diraba.

Software diartikan juga sebagai sekumpulan data elektronik, yang tersimpan dan kemudian dikendalikan oleh perangkat komputer.

Untuk memperdalam dan memperkuat pengertian dari software,berikut ini terdapat beberapa tokoh yang menyatakan pendapat terkait pengertian software!

Baca Juga : PENGERTIAN KOMPUTER

Baca Juga : pengertian teknologi 

Pengertian Software Menurut Para Ahli

1. Roger S. Pressman (2002),

Pengertian software menurut Roger S. Pressman (2002), Pressman mengatakan bahwa yang dimaksud dengan perangkat lunak atau software adalah sebuah perintah program dalam sebuah komputer, yang apabila dieksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh usernya.

2. Melwin Syafrizal Daulay (2007:22) 

Dalam buku nya dengan judul “Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer” melwin menjabarkan pengertian software adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer. Kemudian dijelaskan pula bahwa software merupakan perangkat yang menjembatani interaksi user dengan komputer yang menggunakan bahasa mesin.

3. Wiwit Siswoutomo

Ahli lainnya yang mendefinisikan software adalah Wiwit Siswoutomo, Wiwit berpendapat bahwa yang dimaksud dengan software / perangkat lunak adalah sebuah nyawa dari komputer atau hardware. Karena tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah perangkat keras atau hardware yang mati dan tidak dapat digunakan.

Fungsi Software (Perangkat Lunak)

Secara umum softwar atau perangkat lunak ini memiliki dua fungsi. Fungsi pertama yaitu sebagai pemroses data, dan melakukan perintah khusus. Fungsi yang kedua adalah sebagai sarana yang mengkoneksikan pengguna dengan perangkat kerasnya.

Dengan begini pengguna  bisa mengoprasikan komputernya sesuai dengan hasil kerja yang diinginnkan.

Fungsi lain dari perangkat lunak adalah Mengatur setiap hardware yang ada pada komputer sehingga dapat bekerja secara simultan. Selain itu,Software juga dapat mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah komputer.

Dari beberapa fungsi software diatas bisa kita simpulkan dan nyatakan benar bahwa perangkat lunak adalah nyawa dari komputer. Sebab antara hardware dengan software ini saling berkaitan satu sama lain agar suatu komputer dapat beroperasi.

Macam-macam software (perangkat lunak)

Ada banyak macam atau jenis perangkat lunak yang digunakan dalam komputer, oleh karenanya kami mengelompokkannya menjadi dua kelompok, yaitu jenis berdasarkan sitem operasi dan jenis berdasarkan distribusinya. Mari kita bahas keduanya !

1. Software berdasarkan Sistem operasi atau jenisnya

  • Programming Language (Bahasa Pemrograman), yaitu perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer (computer application program). Beberapa contoh Bahasa Pemrograman adalah; PHP, Java, Microsoft Visual Basic.
  • Application Program (Program Aplikasi), yaitu perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu, misalnya software untuk presentasi, software akuntansi, dan lain sebagainya. Beberapa contoh Program Aplikasi adalah; Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel,  dan lainnya.
  • Application Program (Program Aplikasi), yaitu perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu, misalnya software untuk presentasi, software akuntansi, dan lain sebagainya. Beberapa contoh Program Aplikasi adalah; Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice.org, dan lainnya.

2. Software berdasarkan Distribusinya

  • Shareware, yaitu piranti lunak untuk keperluan tertentu yang dibagikan secara gratis, biasanya sebagai demonstrasi dengan fitur terbatas dan penggunaannya untuk waktu terbatas (misalnya 30 hari).
  • Spyware, yaitu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memata-matai segala aktivitas pengguna komputer. Biasanya software jenis ini banyak disalahgunakan, misalnya untuk mencuri data dari komputer lain.
  • OpenSource, yaitu software yang kode sumbernya dapat dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan.
  • Freeware, yaitu perangkat lunak yang dapat dimiliki dan digunakan secara gratis tanpa batas waktu tertentu. Akan tetapi, biasanya perangkat lunak jenis ini memiliki fitur yang kurang lengkap dan tidak maksimal.
  • Adware, yaitu software yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul di komputer user.

Contoh Perangkat Lunak

Terdapat banyak sekali contoh software yang terdapat didalam komputer yang digunakan untuk mengoperasikan komputer sehari-harinya, berikut adalah beberapa contoh software yang sering digunakan :

1. Web Browser

Web browser adalah suatu perangkat lunak yang berfungsi untuk menjelajah dunia internet. Sudah dipastikan pada setiap komputer terpasang software ini. Beberapa web browser yang sering digunakan adalah Mozzila firefox, Google chrome dan masih banyak lagi.

2. Perangkat pengolah gambar

Perangkat lunak ini memiliki fungsi spesifik pada pengolahan atau pengeditan gambar. Perangkat pengolah gambar yang sering digunakan diantaranya adalah, Paint, Adobe photoshop, Corel draw, Face apk dan lain-lain.

3. Perangkat lunak pemutar video

Perangkat yang satu ini memiliki fungsi yang memungkinkan pengguna komputer dapat memutar video atau film di komputernya. Perangkat yang biasanya terpasang pada komputer adalah media player clasic, GOM player, dan masih banyak lagi.

4. Perangkat pemutar audio

Jika perangkat yang ini memiliki fungsi pemutar audio atau suara saja. perangkat yang biasanya digunaka di komputer adalah Winamp.

5. Perangkat Lunak Anti virus

Ternyata sebuah komputer juga beresiko terserang virus yang memungkinkan akan merusak sistem operasi pada komputer yang mengakibatkan kinerja komputer tidak berjalan sesuai fungsi. Terdapat beberapa perangkat antivirus yang digunakan untuk mengatasi virus apada komputer diantaranya adalah smadav.

Demikianlah pembahasan singkat dan lengkap mengenai pengertian software, fungsi, jenis serta contoh-contoh sofware. Semoga apa yang kami sampaikan mudah untuk difahami dan dapat bermanfaat untuk kita semua yang membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *