Pengertian Proposal ,Fungsi, Tujuan, Jenis-Jenis Proposal

Diposting pada

Pengertian Proposal – Seringkali kite mendengar kata proposal disekolah, dikantor ataupun di lembaga-lembaga lainnya. Dan yang terbayang ketika kita mendengar kata proposal adalah uang. Mengapa demikian? apakah sebenarnya arti dari proposal ini?

agar teman-teman tidak bingung mari kita pelajari bersama terkait pengertian proposal, tujuan, fungsi dan jenis-jenis proposal secara mendalam.

Pengertian Proposal ,Tujuan, Fungsi, Jenis-Jenis Proposal

Pengertian Proposal Secara Umum

Proposal adalah suatu rencana  rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan dan dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Proposal dalam kamus besar bahasa indonesia (kbbi) memiliki arti sebuah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal diartikan sebagai sebuah perencanaan yang akan diterapkan dalam bentuk rancangan kerja.

Proposal pada umumnya dijadikan pedoman kerja atau acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan.

Baca Juga :Pengertian Iklan : Pengertian, Tujuan, ciri-ciri, jenis dan contoh iklan

Baca Juga : pengertian zakat lengkap

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Agar kita dapat memahami lebih mendalam terkait pengertian proposal kita dapat merujuk atau berpatokan  kepada pendapat-pendapat yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut adalah pendapat-pendapat para ahli terkait definisi proposal :

1. Hasnun Anwar

Menurut Hasnun Anwar beliau mengemukakan proposal adalah suatu rencana yang disusun untuk pelaksanaan kegiatan tertentu.

2. Rieefky

Rieefky berpendapat bahwa proposal merupakan suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar. Penulisan proposal adalah suatu langkah penggabungan dari berbagai perencanaan yang telah dibuat dalam tahap¬tahap sebelumnya.

3. Keraf

menurut Keraf proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu pekerjaan.

4. Jay

Jay berpendapat bahwa proposal adalah suatu alat bantu manajemen standar agar manajemen organisasi dapat berfungsi secara efektif dan efisien.

Tujuan Pembuatan Proposal

Proposal dibuat tentu bukan tanpa tujuan, proposal ini dibuat karena memiliki beberapa tujuan khusus. Apa saja tujuan dari pembuatan proposal ini, mari simak pembahsannya !

Tujuan dibuatnya proposal :

1. Agar mendapat bantuan dana

Telah kita singgung diawal tadi bahwa proposal berkaitan dengan uang atau dana. Hal ini adalah benar karena salah satu tujuan dibuatnya suatu proposal adalah digunakan untuk pengajuan permohonan bantuan dana atau anggaran.

2. Agar mendapat perizinan suatu acara

Sebagaimana dijelaskan diatas pengertian proposal merupakan suatu rancangan kerja yang disusun secara sistematis untuk suatu kegiatan. Hal ini bertujuan untuk mendapat perizinan pelaksanaan acara tersebut.

3. Agar mendapat dukungan

Tentu dalam suatu pelaksanaan kegiatan kita sangat memerlukan dukungan dari berbagai pihak, nah salah satu cara untuk memperoleh dukungan ini ialah lewat proposal.

4. Agar mendapatkan sponsor 

Ya setalah mendapatkan bantuan dana, izin dan dukungan tentu harapan selanjutnya dari pembuatan proposal ini adalah agar dapa mendatangkan atau mendapatkan sponsor.

Fungsi Pembuatan Proposal

Pembuatan proposal ini memiliki tujuan yang telah kita jelaskan diatas, akan tetapi dibalik tujuan-tujuan itu pembuatan proposal juga memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya adalah :

1. Dalam suatu proyek, proposal berfungsi untuk mengajukan suatu tender dari berbagai macam lembaga.

2. Dibidang usaha dan bisnis, proposal dapat digunaka sebagai gambaran atau proyeksi untuk mendirikan suatu usaha.

3. Dibidang penelitian umum, proposal dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan agama, sosial, budaya, ekonomi dan lain-lain.

4. Proposal berfungsi untuk pengajuan bantuan dana pada lembaga untuk bantuan terhadap suatu acara atau pengembangan daerah.

5. Proposal juga dapat digunakan untuk rancangan mengedakan acara  kegiatan tertentu, seperti acara pelatihan, seminar dll.

Jenis-jenis proposal

Setelah kita mengetahui pengertian, tujuan dan fungsi pembuatan proposal selanjutnya yang perlu kita mengerti juga adalah jenis-jenis dari proposal. Mengacu dari pengertian-pengertian proposal diatas, jenis-jenis proposal dapat dibedakan menjadi 4 jenis, diantaranya adalah :

Jenis Proposal Secara Umum

1. Proposal Penelitian

Untuk jenis proposal penelitian ini umumnya digunakan dibidang akademik. Proposal ini dibuat sebagai pengajuan untuk melakukan penelitian. Misalnya , proposal penelitian untuk membuat skripsi.

2. Proposal kegiatan

proposal jenis ini dibuat untuk melakukan suatu kegiatan baik kegiatan secara individu maupun kelompok.

3. Proposal Proyek

Yaitu jenis proposal yang mengacu pada dunia bisnis yang dimana isi dari proposal tersebut adalah  serangkaian rencana bisnis dan komersil.

4. Proposal bisnis

Proposal bisnis ini berkaitan dengan dengan dunia usaha, baik perseorangan ataupun kelompok.

Jenis proposal berdasarkan bentuk

Berdasarkan bentuknya proposal dapat kita bedakan menjadi tiga jenis, yaitu :

1. Proposal Formal

Untuk proposal jenis formal ini biasanya terdiri dari 3 bagian utama yang membentuknya.

  • Pendahulua, yang berisikan sampul, halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi, lembar pengesahan.
  • Bagian Isi, Bagian ini berisikan latar belakang, batasan masalah, tujuan, ruang lingkup, pemikiran dasar (landasan teori), metodologi, fasilitas, susunan panitia (personalia), analisis (keuntungan dan kerugian), waktu dan tempat, anggaran.
  • Bagian penutup, bagian akhir ini berisikan daftar pustaka, lampiran-lampiran (tabel, dokumentasi dan sebagainya)

2. Proposal NOn-Formal

Proposal non formal dibuat tidak selengkap proposal formal, didalamnya terdapat informasi seperti masalah, saran, pemecahan, dan juga permohonan.

3. Proposal Semi Formal

Proposal semi formal umumnya sama dengan proposal non formal, sebab proposal jenis ini juga tidak selengkap proposal formal.Didalam proposal semi formal ini juga mengandung informasi mengenai masalah, saran, pemecahan, dan permohonan.

Ingin tau caranya bisa upload video di youtube silahkan klik disini.

Demikianlah pembahsan lengkap mengenai pengertian Proposal ,Fungsi, Tujuan, Jenis-Jenis Proposal semoga mudah apa yang kami sampaikan dapat dengan mudah difahami dan dapat menambah wawasan teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *