Pengertian Manajemen, Jenis, Tujuan dan Fungsi Manajemen

Diposting pada

Anda belum paham dengan manajemen? pada artikel ini saya akan membahas dan menjelaskan tentang manajamen secara lengkap. bagi anda yang mempunyai sebuah usaha atau yang tergabung dalam sebuah organisai, tentu harus paham dengan yang namanya manajemen. berikut di bawah ini, adalah pengertian manajemen dan inti-intinya yang harus anda pahami.

pengertian manajemen dan fungi manajemen

Pengertian Manajemen Secara Umum

Apakah manajemen itu? manajemen adalah sebuah metode yang dibuah bersama untuk mengatur sagala sesuatu dalam sebuah organisasi atau kelompok agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dan berjalan lancar. pada intinya, manajemen akan di fokuskan pada sistem keuangan dan waktu, supaya apa yang direncanakan dapat terwujud atau terselesaikan dalam jadwal yang telah di tentukan bersama.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Dalam pengembanganya, teori manajemen terbagi menjadi 3, yaitu : manajemen ilmiah, pendekatan kuantitatif dan klasifikasi.

  1. Manajemen ilmiah, manajemen ini dikembangkan oleh pasangan suami istri frank dan lillian gilbreth. mereka berhasil menciptakan micromotion yang dapat mencatat setiap gerakan yang dilakukan oleh pekerja dan lamanya waktu yang dihabiskan untuk melakukan setiap geraakan.
  2. Pendekatan kuantitatif, yaitu penggunaan sejumlah teknik kuantitatif seperti statistik, model optional, model informasi atau simulasi komputer untuk membantu manajemen mengambil sebuah keputusan.
  3. Klasifikasi, dalam teori ini, terdapat 6 macam manajemen, yaitu :
  • – Aliran klasik
  • – Aliran Perilaku
  • – Aliran Manajamen Ilmiah
  • – Aliran Analisis Sistem
  • – Aliran Manajemen Berdasarkan Hasil
  • – Aliran Manajemen Mutu

Jenis-Jenis dan Contoh Manajemen

Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa menemukan banyak sekali contoh manajemen sesuai dengan bidangnya masing-masing. berikut adalah macam-macam manajemen tersebut.

  • Manajemen Strategi
  • Manajemen Administrasi Perkantoran
  • Manajemen Pendidikan
  • Manajemen Konstruksi
  • Manajemen Agribisnis
  • Manajemen Biaya
  • Manajemen Personalia dan Administrasi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Komunikasi
  • Manajemen Produksi
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Waktu

Fungsi dan Tujuan Manajemen

Sebuah manajemen dibuat dalam suatu perusahaan, organisasi, kelompok dan lain sebagainya bertujuan untuk memantau dan mengatur segala proses kinerja serta perkembangan di dalamnya. lebih lengkapnya, silahkan simak fungsi dan tujuan menajamen di bawah ini.

– Manajemen berfungsi untuk melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang kita pilih secara efektif dan efisien.

– Manajemen berguna sebagai pengontrol strategi yang telah di laksanakan, sehingga apa bila dalam strategi tersebut ada yang kurang tertarget, kita bisa memperbaharui atau mengubahnya.

– Manajemen bertujuan untuk mengecek kembali kekuatan, kelemahan dan ancaman peluang yang ada.

– Manajemen sebagai alat ukur atau intropeksi suatu bidang pekerjaan agar kita selalu melakukan inovasi sehingga jalanya suatu perkerjaan menjadi lebih baik.

– dan lain-lain.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Suatu hal atau pekerjaan tentu memiliki tenaga ahli agar tidak ada kesalahan dalam melakukan perkerjaan dan supaya hasilnya memuaskan. nah, berikut ini adalah penjelasan atau pernyataan tentang manajemen menurut ahlinya yang bisa anda pahami untuk belajar.

James A.F.Stoner

Menurutnya, manajamen adalah suatu proses perencanaan, leader ship dan pengendalian upaya dari anggota-anggota yang ada didalam suatu bidang tersebut. penggunaan sumber daya yang tersedia, bertujuan untuk mencapai hasil yang di inginkan bersama.

Dr. Ahuja

Manajemen menurut Dr. Ahuja, adalah pihak-pihak yang menawarkan dan menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajamen.

Koontz dan Cyril O’donnel

Manajamen adalah suatu usaha yang berjalan untuk mencapai ataupun menggapai tujuan tertentu melalui kegiatan dan usahan orang lain.

R.Terry

Manajemen adalah proses unik dan khas terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, serta penggerakan dan pengendalian yang dilakukan guna menentukan arah serta mencapai tujuan yang telah ditemukan sebelumnya melalui pemanfaatan SDM serta sumber daya lain.

Hilman

Manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

Ricky W. Griffin

Manajemen adalah proses perencanaan atau planning, pengorganisasian, pengontrolan setiap sumber daya yang ada dengan efektif dan efisien. efektif berarti tujuan sukses di capai dengan rencana yang sudah dibuat, dan efisien berarti dilaksanakan dengan benar sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan.

Bagi yang masih punya pertanyaan tentang “apa yang di maksud dengan manajemen?”, semoga artikel diatas bisa menjawabnya. kalau artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk di share kesosial media yang anda punya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *