Pengertian Komputer, Sejarah, Fungsi, Jenis, dan Komponen Komputer

Diposting pada

Keberadaan teknologi di era modern seperti sekarang dapat membantu memudahkan berbagai pekerjaan manusia, salah satu teknologi tersebut adalah komputer.

Keberadaan komputer ini sangat membantu manusia dalam menyelasaikan tugas-tugasnya, terutama yang berkaitan dengan pendataan. Akan tetapi, sudahkah kita mengetahui definisi dari komputer itu?

Apakah alat untuk bermain game, nonton film, browsing atau mengerjakan tugas? Jika teman-teman berfikir demikian, itu tidaklah salah, sebab komputer dapat melakukan itu semua. Lo, kok bisa ya komputer melakukan itu semua? Biar teman-teman gak penasaran mari kita kupas tuntas apa itu komputer.

Pengertian komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung. tujuan komputer itu sendiri dibuat untuk melakukan penghitungan yang sangat cepat.

Baca Juga : Cara Blokir Konten di YouTube agar Anak-anak Tak Lihat

Komputer disusun oleh 3 elemen utama, yaitu :

1. Perangkat Keras (Hardware) yang terdiri dari Processor, RAM, Harddisk, Motherboard, dan CPU.
2. Perangkat Lunak (Software) yaitu sistem operasi dan juga berbagai aplikasi yang dimasukkan ke dalam hardware dan bekerja sesuai perintah dari pengguna.
3. Pengguna Komputer (Brainware) yaitu pemakai atau operator komputer.

Secara umum komputer memiliki arti alat elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga membentuk suatu sistem kerja yang dapat digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya sehingga menghasilkan informasi bermanfaat bagi penggunanya.

Terdapat pula beberapa ahli yang mencetuskan pendapatnya mengenai definisi dari komputer. siapakah para ahli tersebut? dan bagaimana penjelasan mereka mengenai komputer itu sendiri? silahkan simak berikut ini.

1. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas diantaranya menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menghasilkan output yang berbentuk informasi.

2. Wiliam M. Fuori

Komputer merupakan suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

3. Williams & Sawyer

Menurut Williams & Sawyer, komputer adalah mesin serbaguna yang dapat diprogram, bisa menerima data (fakta-fakta serta gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasi data tersebut ke dalam informasi yang dapat digunakan.

Sejarah komputer dan Perkembangannya

Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, dikenal dengan julukan bapak komputer. Ia menamai hasil temuannya terkait dengan dunia komputer dengan namanya yaitu The Charles Babbage Foundation.

Komputer yang diciptakan dengan tujuan awal digunakan untuk melakukan penghitungan cepat atau yang dikenal dengan Different Engine no.1 yang ditemukan Charles Babbage merupakan salah satu icon yang paling populer dan terkenal dalam sejarah.

Dalam Sejarah perkembangannya, komputer selalu berkembang dari generasi ke generasi. Perkembangan apa saja yang telah terjadi hingga saat ini? Hingga saat ini sejarah perkembangan komputer terbagi menjadi 5 generasi atau telah 5 kali terjadi perkembangan.

Berikut ini perkembangan komputer dari generasi ke generasi :

1. Sejarah Komputer Generasi Pertama (Generasi Tabung Vacum) (1946-1959)

Sejarah komputer generasi pertama yaitu digital elektronik atau bisa di sebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Program pada ENIAC, di rancang pada tahun 1942, dan baru mulai di kerjakan pada tahun 1943 oleh John Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan selesai pada tahun 1946.

ENIAC memakai 18.000 tabung hampa udara, serta 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor dan menggunakan 70.000 resistor. dan Ketika mulai dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik yang sangat besar yaitu 140 kilowatt. Dengan berat mesin lebih dari 30 ton, dan sangat memakan banyak ruangan 167 m2.

Perangkat lunak komputer yang pertama kali telah dikembangkan yaitu, komputer sebagai desain pesawat dan peluru kendali. Salah satu ilmuwan yang mengerjakan konsep pengembangan tersebut ialah Konrad Zuse, seorang Insinyur berasal dari Jerman.

Kemudian, pada pertengahan 1940an, sejarah komputer diubah lagi tersebut memulai perkembangan lebih lanjut, yang dilakukan oleh John von Neuman.

Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I adalah mesin pertama yang digunakan sebagai mengoperasi seluruh sistem komputer.

Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah “machine language”.

2. Sejarah Komputer Generasi Kedua (Generasi Transistor 1959 – 1964)

Perkembangan komputer generasi kedua ini mulai digarap pada tahun 1959-1964an. Pada perkembangan komputer generasi kedua ini ditemukan sebuah alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil, temuan itu adalah transistor.

Sejarah komputer yang dikembangkan di laboratorium energi atom ini, dapat mengatasi sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh para peneliti atom.

Mesin pertama yang menggunakan teknologi terbaru ini adalah super komputer. IBM telah membuat super komputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand dan membuat komputer bernama LARC.

fungsi komputer pada generasi ke dua kebanyakan hanya digunakan sebagai perhitungan ilmiah.

Sejarah Komputer pada generasi kedua juga sudah memiliki tempat sistem penyimpanan sendiri. Yaitu, Kapasitas memori utama di dapat dari. Magnetic Core Storage dan menggunakan bentuk simpanan luar, yang berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.

Kelebihan dari komputer dizaman ini adalah bentuknya yang efisien yang tidak sebesar sebelumnya, komputer dalam generasi ini juga lebih luas dalam penerapannya kehidupan. Seperti aspek kesehatan, pendidikan, industri dan lain-lain.

Sedangkan kelemahan komputer pada masa ini adalah dalam segi transistor yang banyak menghasilkan panas yang cukup besar, yang akan berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer yaitu quartz rock (batu kuarsa).

3. Sejarah Komputer Generasi Ketiga (Generasi IC 1964 – 1970)

Perkembangan komputer generasi ketiga dimulai pada tahun 1964-1970an. Dikarenakan penggunaan transistor mengakibatkan kinerja komputer lebih cepat panas komputer generasi ke-dua pun mulai ditinggalkan.

Kemudian, seorang ilmuwan yang bernama Jack Billy melakukan penelitian kembali dan berhasil menemukan perangkat yang lebih canggih dari transistor pada tahun 1958.

Temuan tersebut adalah IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu.

Kelebihan dari komputer generasi ketiga ini adalah Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu), mampu melakukan multiprocessing dan multitasking, Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.

Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter) serta mampu melakukan komunikasi dengan komputer lain.

Beberapa contoh komputer generasi ketiga adalah UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, IBM S/360, UNIVAC 1108, GE 600, CDC 3000, 6000, NCR Century, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 yang diproduksi oleh pabrik dari Digital Equipment Corporation) 

4. Sejarah Komputer Generasi Keempat (Generasi Microprosesor 1979 – 2000an)

komputer generasi ke empat ini telah menggunakan LSI (Large Scale Integration). LSI merupakan sekumpulan pemadatan beribu-ribu IC, yang dijadikan satu pada sebuah keping IC yang bisa kita sebut dengan nama chip.

LSI kemudian dapat dikembangkan lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat menampung puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu IC.

Pada generasi ke empat ini juga telah menggunakan menggunakan semiconductor dan micro processor yang berbentuk chip untuk memori komputer yang mana pada generasi sebelumnya hanya menggunakan magnetic core storage.

Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II

5. Sejarah Komputer Generasi Kelima (Generasi All,Sekarang)

Sejarah perkembangan komputer generasi kelima merupakan komputer, yang kita gunakan pada sekarang ini. Generasi ini ditandai munculnya LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor di dalam sebuah microprocesor pada saat ini. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya semi conductor dan microprocessor.

Meskipun komputer pada generasi saat ini, dengan ukuran fisik menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin pintar dan canggih dalam pengoprasiaya.

Fungsi komputer Adalah

Komputer memiliki fungsi dan peranan penting bagi kehidupan manusia, fungsi komputer itu sendiri sangat beragam sesuai dengan kebutuhan manusia. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari komputer :

1. Data Input

Komputer dapat menerima data dari komputer lain. Data tersebut diterima melalui aktifitas komputer ataupun perangkat lainnya.

2. Data Processing

Fungsi utama selanjutnya yaitu komputer berfungsi untuk melakukan pengolahan data yang kemudian akan menghasilkan Data output. Pada umumnya data yang diolah pada komputer berbentuk teks, gambar, video, grafik dan lainnya.

3. Data Output

Data output merupakan informasi yang dihasilkan dari data processing yang nantinya dapat disajikan melalui monitor, speaker ataupun alat printer.

4. Data Storage

Fungsi utama dari komputer yang selanjutnya adalah dapat digunakan untuk penyimpanan data sehingga data kita aman, mudah untuk ditemukan jika akan digunakan.

5. Data Movement

Difungsi pertama dijelaskan komputer dapat menerima data dari komputer lain. Ternyata komputer juga mampu memindahkan atau mengirim data dari satu komputer ke komputer lain atau perangkat output lainnya.

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran

Berdasarkan dari bentuk ukurannya, komputer dapat dibedakan menjadi 7 jenis.

1. komputer portabel

Komputer ini mudah dibawa kemana-mana berfungsi untuk melakukan penelitian dilapangan dan kerja lapangan lainnya yang berpindah-pindah. Akan tetapi, komputer jenis ini jarang digunakan karena lebih berat dan besar dari laptop pada umumnya.

2. Komputer Dekstop

Komputer ini tidak bisa dibawa kemana-mana, sesuai dengan namanya komputer jenis ini diletakkan di meja. Komputer dekstop memiliki cpu yang terpisah dari monitor dan keybordnya.

3. Komputer Palmtop

Komputer jenis ini berukuran kecil dan bisa digenggam. Komputer ini sudah jarang digunakan semenjak ditemukannya samrtphone.

4. Komputer Tower

komputer jenis ini berbentuk lebih besar dari komputer desktop dan biasanya diletakkan di atas atau samping meja. Komputer ini dapat ditambahkan perangkat pendukung karena memiliki expansionslot.

5. Komputer Notebook

Komputer yang satu ini memiliki bentuk yang lebih tipis. ringka dan ringan. komputer jenis ini umumnya digunakan oleh pengajar, pelajar dan peneliti.

6. Handbook (Sub-Notebook)

Perangkat komputer ini memiliki bentuk lebih kecil dari notebook pada umumnya akan tetapi, handbook memiliki processor dan spesifikasi lebih rendah.

7. Komputer Laptop

Ini merupakan jenis komputer yang praktis dan dapat diletakkan di pangkuan penggunanya. Laptop memiliki CPU, monitor, dan keyboard yang menyatu dan mudah dibawa kemana-mana.

Perangkat Atau Komponen Komputer

Komponen dalam komputer dapat bagi menjadi tiga kelompok berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Berikut adalah tiga komponen penting dalam komputer :

1. Komponen Input

  • Keyboard, memberikan input atau masukan berupa alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya.
  • Mouse dan Trackpad, alat yang menghubungkan brainware dengan layar monitor.
  • Pen (untuk layar sentuh), fungsinya mirip seperti mouse namun bentuk nya seperti pena.
  • Scanner, alat untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem komputer.
  • Microphone, alat untuk input data dalam bentuk audio.

2. Komponen Proses

Beberapa komponen proses adalah :

  • Processor, yaitu komponen utama dalam proses mengolah data.
  • Motherboard, yaitu komponen penghubung berbagai komponen lainnya dalam komputer.
  • Hard Disk, yaitu komponen untuk menyimpan data yang sifatnya permanen di dalam komputer, misalnya sistem operasi komputer.
  • RAM, yaitu memori untuk menyimpan berbagai aktivitas komputer untuk sementara.

3. Komponen output

Beberapa komponen output diantaranya adalah :

  • Monitor, komponen komputer yang dapat menampilkan proses yang sedang dikerjakan sebuah komputer.
  • Printer, komponen yang dapat mencetak informasi ke dalam bentuk hard copy.
  • Speaker, komponen yang dapat menghasilkan output berupa audio atau suara.

Demikianlah pembahasan kita mengenai pengertian, sejarah, fungsi, jenis, dan komponen komputer. mudah-mudahan apa yang kami sajikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *