Pengertian Hormon, Jenis, Cara Kerja dan Fungsinya Lengkap

Diposting pada

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai hormon. kalau ada yang bertanya, apa sih hormon itu?, apa yang di maksud dengan hormon?, pengertian hormon adalah?, semua jawaban dari pertanyaan tersebut akan admin bahas lengkap dalam artikel ini. jadi bagi anda yang ingin tahu mengenai macam-macam hormon, fungsi hormon dan cara kerja hormon tersebut didalam tubuh manusia, simak penjelasanya berikut ini.

Berbica tentang hormon, pasti yang ada difikiran anda adalah hormon yang menyebabkan timbulnya hawa nafsu seksual seseorang. jawaban tersebut memang benar, namun ada banyak jenis-jenis hormon yang ada di dalam tubuh kita, dan memiliki fungsi masing-masing. ini semua akan kita bahas bersama-sama, namun silahkan simak dahulu ulasan penting yang berkaitan dengan hormon di bawah ini.

Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon

Hormon berasal dari bahasa yunani “horman” yang berarti menggerakan. yaitu pembawa pesan kimiawi antar sel atau antar kelompok sel.

Baca Juga : Pengertian Sel dan Fungsi Sel

Pengertian Hormon

Hormon adalah suatu zat kimia yang dihasilkan oleh organ-organ tubuh tertentu dari kelenjar endokrin yang memacu fungsi organ-organ tubuh tertentu untuk bereaksi.

Dalam kamus kesehatan, hormon merupakan senyawa yang dihasilkan organ tubuh tertentu untuk memacu kerja organ tubuh tertentu.

Hormon memiliki berbagai jenis atau macam, di produksi oleh kelenjar yang bernama endoktrin. kelenjar endoktrin ini juga bermacam-macam, yaitu kelenjar timus, kelenjar pencernaan, kelenjar ovarium, kelenjar pankreas, kelenjar hipotaamus, kelenjar adrenal dan kelenjar hipofisis.

Jeni-Jenis Hormon

Hormon oksiton merupakan hormon yang dilepaskan ketika otak merasa bahagia. hormon ini akan muncul ketika perasaan sedang jatuh cinta ataupun mendapatkan hal yang memuaskan ketika berhubungan intim.

Oksitosin

Hormon ini juga dilepaskan otak ketika merasa bahagia. Hormon ini muncul ketika seseorang jatuh cinta, mendapatkan hal yang disukai, berprestasi, dan ketika akan berhubungan intim.

Hormon Estrogen dan Progesteron

Dua jenis hormon tersebut ada didalam tubuh wanita dan berhubungan langsung dengan masa haid, kehamilan serta menyusui. kehilangan hormon jenis ini bisa menyebabkan kehilangan gairah seksual, migrain, depresi dan lain-lain.

Hormon Melatonin

Hormon ini merupakan jenis hormon yang membanu menurunkan kadar stres dan meningkatkan metabolisme tubuh atas radikal bebas. kekurangan hormon melatonin dapat menyebabkan obesitas, diabetes dan kanker.

Kortisol

Koristol merupakan jenis hormon otak yang dapat merasakan ketegangan atau menyampaikan kode stres. saat hormon ini meluncur, maka ia akan mempercepat detak jantung dan menyuntikan oksigen dalam jumlah banyak ke otak.

Testoteron

Hormon ini ada didalam tubuh pria, membantu meningkatkan gairah seksual, meningkatkan kekuatan oto, tulang dan metabolisme tubuh.

Tiroksin

Hormon ini diproduksi dikelenjar tiroid, fungsi utamanya adalah mengatur metabolisme tubuh dan energi. kekurangan hormon ini dapat menyebabkan stres, kekurangan nutrisi, peradangan, cemas, konstipasi dan lain-lain.

Serotonin

Merupakan jenis hormon yang bertanggung jawab atas mood dan ingatan anda. jika jumlah hormon ini seimbang, maka anda akan merasa bahagia, nyaman dan tidak mudah stres.

Leptin dan Ghrelin

Hormon ini yang akan muncul ketika anda merasa lapar, leptin dan ghrelin akan mengirimkan sinyal lapa pada otak dan memerintahkan anda untuk makan.

Cara Kerja Hormon

Hormon adalh sistem didalam tubuh untuk mengatur keseimbangan agar semua bagian-bagian tubuh dapat berkeja dengan baik. masih-masing hormon hanya mempengaruhi sel-sel tertentu yang di sebut sel target. hormon berjalan melalui aliran darah sampai menentukan sel target dengan reseptor yang cocok diangkat. untuk mengetahui bagaimana hormon bekerja, ketahui dulu apakah itu hormon steroid atau hormon non-steroid.

– Hormon Steroid

Hormon steroid terbuat dari lipid, seperti fosfolipid dan kolesterol. mereka larut dalam lemak, sehingga mereka dapat berdifusi melintas membran plasma sel target dan mengikat dengan reseptor dalam sitoplasma. hormon steroid dan reseptor membentuk kompleks yang bergerak ke dalam inti dan mempengaruhi ekspresi gen, dan pada dasarnya bertindak sebagai faktor transkripsi.

– Hormon non-steroid

Hormon ini terbut dari asam amino. hormon ini tidak larut dalam lemak, sehingga mereka tidak berdifusi melintasi membran plasma se target. hormon ini berkaitan dengan reseptor pada membran sel. pengikatan hormon memicu enzim dalam membran sel. kebanyakan hormon endokrin adalah hormon non-steroid, termasuk hormon insulin dan tiroid.

Fungsi Hormon

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa ada banyak jenis hormon dalam tubuh, hormon tersebut memiliki fungsi masih-masing, namun fungsi utama dari hormon-hormon tersebut, antara lain.

1. Hormon mempengaruhi metabolisme glukosa, lemak dan protein seluruh tubuh.

2. Mengendalikan perkembangan pada sistem reproduksi dan ciri-ciri seksual.

3. Mengendalikan tekanan darah.

4. Merangsang pelepasan dan pembentukan dari kelenjar tiroid.

5. Mengendalikan pelepasan dan pembentukan hormon yang dilakukan oleh kontkes adrenal.

6. Merangsang dalam proses pembentukan sel darah merah atau aritrosit.

Pengertian Hormon Menurut Para Ahli
  • Wihelm Johansen

Hormon merupakan unit terkecil dari makhluk hidup yang mengandung substansi hereditas dan terdapat dalam lokus hormon. hormon terbentuk dari proton dan asam nukleat yang berukuran 4-8 mikro.

  • Thomas Hunt Morgan

Hormon adalah sebuah materi yang kompak, mengandung satuan informasi hormonetic yang mengatur sifat menurun, memenuhi lokus atau kromosom. hormon bisa mengatur berbagai macam karakter manusia, baik fisik atau psikis.

  • Gergor Mendel

Menurut beliau, hormon berkaitan dengan sifat dan karakter yang ada di tubuh makhluk hidup dan dapat diturunkan dari hormonerasi satu ke hormonerasi lainya. hormon itu akan terus berlanjut dan akan terus menurunkan segala apa yang menjadi milik si induk.

Demikian adalah pengertian hormon dan fungsinya, semoga bermanfaat untuk anda semua. jangan lupa kunjungi terus blog ciudad1.com ini, karena masih banyak informasi dan ilmu lainya yang bisa anda dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *