Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware

Diposting pada

Hardware atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan perangkat keras merupakan salah satu bagian dari komponen penyusun komputer. Tanpa adanya hardware ini komputer tidak akan dapat berfungsi .

Mengingat pentingnya hardware atau perangkat keras ini, kami akan membahasnya dengan lengkap. poin-poin yang akan bahas pada artikel kali ini adalah pengertian hardware, fungsi hardware, jenis hardware, dan beberapa contoh hardware. Baiklah langsung saja kita masuk ke pembahasan yang pertama !

Pengertian Hardware secara umum

Hardware adalah semua bagian fisik komputer dalam kata lain hardware merupakan perangkat komputer yang sifatnya dapat dilihat dengan kasat mata, dapat diraba serta berwujud nyata yang berfungsi untuk membantu proses komputerisasi.

Hardware ini sendiri bekerja berdasarkan perintah yang telah diatur padanya, atau yang juga disebut dengan istilah intruction set.

Baca Juga : Pengertian komputer

Untuk lebih jelas dan lebih memahami lagi terkait pengertian hardware, terdapat beberapa ahli komputer yang menjelaskan terkait perihal hardware ini, diantaranya adalah :

1. Wijaya Ariyana dan Deni Arifanto

Pendapat pertama mengenai pengertian hardware di sampaikan oleh wijaya ariyana dan deni arifanto, menurut mereka hardware adalah komponen komputer  yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat diraba dan dilihat kasat mata.

2. Raya Fahreza

Pendapat mengenai pengertian hardware selanjutnya disampaikan oleh Raya Fahreza. Menurutnya hardware adalah bagian komputer yang bekerja sesuai dengan perintah software.

3. Rainer

Menurut Rainer, hardware adalah perangkat dalam komputer yang berbentuk fisik seperti processor, monitor, keyboard, dan printer. Hardware berfungsi untuk menerima data/ informasi, memproses dan menampilkan informasi mentah menjadi informasi baru yang berguna.

Fungsi hardware secara umum

Telah disinggung diatas bahwa hardware berfungsi untuk membantu proses komputerisasi. Oleh karena itu, perlu kita jabarkan pula apa saja fungsi dari hardware ini. Berikut adalah beberapa fungsi hardware yang perlu kita ketahui :

1. Menerima Input (input device)

Fungsi hardware yang pertama adalah sebagai unit input atau input device yang membuatnya dapat menerima data kedalam suatu suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi baru yang diperlukan.

2. Mengolah Data/Informasi (procces device)

Hardware memiliki fungsi khusus yaitu, dapat memproses atau mengolah data yang telah diterima atau diinput menjadi data/informasi yang baru.

3. Memberikan output (output device)

Setelah melakukan pemrosesan selanjutnya hardware tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada user.

4. Menyimpan data/informasi (backing storage)

Nantinya Output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware untuk menyimpan data tidak hanya terpasang di dalam komputer, namun ada juga hardware yang dipasang di luar.

Jenis-Jenis Hardware Berdasarkan Fungsinya

komputer merupakan teknologi yang sangat membantu pekerjaan manusia diera sekarang ini. Dan kita ketahui bahwa komputer tersusun dari komponen hardware dan software, dan dari Beberapa fungsi diatas sebenarnya telah menjelaskan jenis-jenis hardware. Akan tetapi untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Berdasarkan fungsinya hardware ini dapat dibedakan menjadi 5 bagian, yaitu :

1. Input device (perangkat masukan)

perangkat ini merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memasukan data atau informasi kedalam komputer. Beberapa hardware yang tergolong input device adalah :

  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Touchpad
  4. Light pen
  5. Joy stik dan Games paddle, dll

2. Procces device (perangkat pemrosesan)

Unit pemrosesan ini memiliki fungsi untuk memproses data yang telah di input guna menghasilkan suatu data/informasi yang baru. Perangkat yang tergolong dalam procces device diantaranya adalah :

  1. Power Suplay
  2. RAM (RANDOM ACCES MEMORY)
  3. Processor
  4. Motherboard, dll

3. Output Device (perangkat keluaran)

Unit keluaran ini nantinya yang akan berfungsi sebagai penampil dari hasil input dan pemrosesan. Berikut perangkat yang tergolong unit keluaran (output device) :

  1. Monitor Konputer
  2. Proyektor
  3. Printer
  4. Speaker, dll

4. Backing storage (perangkat penyimpanan)

Data yang telah di input dan di proses dapat disimpan, baik dalam bentuk data didalam komputer ataupun diluar komputer. Dan yang berfungsi untuk penyimpanan ini adalah backing storage atau perangkat penyimpanan. Beberapa perangkat yang tergolong kedalam perangkat penyimpanan adalah :

  1. Harddisk

5. periferal (perangkat tambahan)

perangkat tambahan ini berfungsi guna membantu komputer menjalankan perintah dari pengguna. Salah satu contoh perangkat tambahan yang membantu kinerja komputer adalah modem. Modem sendiri berfungsi membantu komputer agar bisa tersambung ke jaringan Internet.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hardware, fungsi hardware, jenis hardware yang dilengkapi pula dengan contoh-contohnya. Semoga apa yang kami sampaikan disini dapat menambah wawasan pengetahuan anda, terimakasih ….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *