Pengertian Biografi, Jenis-Jenis, Unsur, Tujuan dan Contoh Biografi

Diposting pada

Pengertian Biografi, Jenis-Jenis, Unsur, Tujuan dan Contoh Biografi – mencari penjelasan tentang biografi? di dalam artikel ini admin akan membantu kalian semua untuk mengetahui arti dan memahaminya. jadi kalau ada yang bertanya atau sedang mendapatkan soal, salah satunya seperti, apa yang di maksud dengan biografi? silahkan cari jawaban selengkapnya di bawah ini.

Saat di bangku sekolah pasti teman-teman pernah mendapatkan tugas untuk menuliskan biodata diri kalian sendiri kan. nah, sebenarnya itu merupakan contoh sederhana dari biografi, hanya saja biografi di sini adalah menceritakan kisah, profil ataupun perjalanan hidup seseorang yang memiliki isi yang lebih kompleks dan lebih lengkap. biasanya biografi di tulis orang lain atau seseorang untuk mengenang kisah hidup tokoh-tokoh penting ataupun para pejuang pada masa lampau yang memiliki kedudukan.

Pengertian biografi secara umum

Pengertian biografi secara umum – adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang, mulai dari tanggal lahir, usia, jabatan, gelar, tempat tinggal, jasa, karya, cerita perjalanan hidup dari awal sampai akhir hayat dan lain sebagainya secara lengkap dan rinci.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

pengertian biografi

Jenis-Jenis Biografi

1. Berdasarkan sisi penulis

a. Autobiografi

Adalah catatan perjalanan hidup yang di tulis oleh tokoh itu sendiri.

b. Biografi

Adalah catatan perjalanan hidup tokoh terkemuka yang di tulis oleh orang lain tentunya sudah melalui izin kepada pihak yang bersangkutan, seperti keluarga, saudara dan lain sebagainya.

2. Berdasarkan Isinya

  • Biografi perjalanan hidup, isi dari biografi tersebut adalah tulisan perjalanan hidup seseorang dari awal hingga akhir hayat atau hanya menceritakan momen yang paling penting saja.
  • Biografi perjalanan karir, isi dari biografi tersebut adalah tulisan yang menceritakan perjalanan karir dari nol hingga mencapai kesuksesan.

4. Berdasarkan Penerbitannya

  • Buku Sendiri – penerbitan seperti ini di laksanakan oleh si penerbit. biografi jenis ini biasanya memuat kisah hidup tokoh-tokoh yang di buat sedemikian rupa tatapi dengan cerita yang sebenar-benarnya, dengan tujuan untuk menarik pembaca atau perhatian publik.
  • Buku Subsidi – pembuatan buku jenis ini di biayai oleh sponsor. polanya di kerjakan pada buku-buku yang di perkirakan dari segi komersial, tidak akan laku, kalaupun di jual harganya sangat tinggi sehingga tidak terjangkau.

Unsur-Unsur Biografi

  1. Pengalaman Hidup – hal ini meliputi tokoh, misalnya aktifitas keorganisasian sang tokoh.
  2. Identitas Tokoh – hal ini meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, profesi, pekerjaan, riwayat hidup jika perlu sertakan informasi tentang keluarga tokoh yang di bahas.
  3. Kebiasaan Positif – hal ini meliputi atau membahas perilaku tokoh yang pantang diteladani dan telah sukses, sehingga memberikan semangat dan acuan bagi pembacanya.

Tujuan Biografi

Di tuliskannya sebuah biografi tentu memiliki maksud dan tujuan. berikut ini adalah tujuan biografi dan kenapa biografi itu dibuat.

  1. Supaya pembaca dan penulis dapat mengetahui perjalanan hidup seorang tokoh yang ia baca.
  2. Supaya dapat memberikan sesuatu yang berharga pada diri penulis dan pembaca setelah membacanya.
  3. Penulis dan pembaca dapat meniru langkah sukses bagaiman tokoh yang di tuliskan dalam biografi tersebut.
  4. Supaya orang yang melihat biografi tersebut bisa mengambil pelajaran dari seorang tokoh yang di ceritakan, dan mempraktekanya di kehidupan sehari-harinya.
Contoh Biografi

Pak Tarno adalah seorang guru smp yang begitu di kenal dengan semboyannya, “giat belajar supaya pintar”. meniti karir sebagai guru sejak tahun 1979 silam, pak Tarno berhasil mendirikan sekolahan pada tahun 2005 di daerah bandar beton, kelurahan banyu asin, jawa barat.

Pak Tarno lahir pada 12 mei 1950, di bogor jawa barat, merupakan anak dari seorang petani. kedua orang tuanya punya tekad yang kuat untuk menyekolahkan pak Tarno kecil hingga sampai keperguruan tinggi. segala upaya di lakukan oleh kedua orang tuanya, berharap saat besar nanti pak Tarno bisa menjadi orang yang hebat dan membanggakan kedua orang tuanya.

Perjalanan hidup pak tarno kecil tidaklah mudah, di usianya yang masih 7 tahun, pak tarno harus berjualan es keliling desa nya. hasil dari jualan es tersebut ia gunakan untuk sangu sekolah, sisanya di tabung untuk memenuhi berbagai keperluan sekolah, seperti membeli buku, tas, pensil dan lain sebagainya.

Selau disiplin, itulah pak Tarno, giat belajar dan membantu orang tua adalah keseharianya. saat pak tarno berusia 19 tahun dan sudah lulus smk, pak tarno sudah banyak penghargaan yang ia dapat dari pemerintah atau dari sekolah, salah satunya adalah lomba cerdas cermat tingkat smk se indonesia, ia berhasil menjadi juara 1.

Sejak itu pak Tarno langsung di bawa ke Jakarta untuk mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dengan biaya gratis karena dapat beasiswa dari pemerintah. pak Tarno kuliah di universitas elit daerah jakarta bernama drupada, ia mengenyam pendidikan selama 10 tahun dan berhasil menjadi seorang sarjana.

Lulus kuliah pak Tarno muda memutuskan menjadi guru, karena itulah cita-cita sejak kecil dan merupakan kenginan kedua orang tuanya. selang setahun pada usia 30 tahun, pak tarno sah menjadi guru smp di sekolah mekar abadi. pada saat itu selain menjadi guru, pak tarno juga memiliki pekerjan lain, yaitu sebagai manajer sebuah PT Beton di daerah cirebon. meskipun telah sukses, pak tarno tidak ingin meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang guru.

Pada tahun 2003, pak tarno memiliki keinginan untuk mendirikan sebuah sekolahan, tingkat SD, SMP dan SMK. akhirnya pada tahun 2005 pak tarno sukses mewujudkan kenginanya tersebut. sekolah tersebut berkembang pesat, memiliki fasilitas yang sangat memadai dan sudah banyak menghasilkan murid yang berprestasi. namun kini pak tarno sudah tidak mengajar lagi, ia telah pensiun karena usianya yang sudah tua.

Semoga kisah pak Tarno tersebut bisa memberikan inspirasi bagi kita semua, supaya kita sebagai manusia yang masih memiliki usia muda tidak gampang patah semangat untuk menghadapi kehidupan.

Demikian adalah pengertian biografi yang dapat admin jelaskan, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. kunjungi terus ciudad1.com, karena ada banyak informasi penting yang akan kalian dapatkan di sini, dan akan admin bagikan setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *