Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan

Diposting pada

Niat Puasa Qadha – Di bulan ramdhan seluruh umat islam diwajibkan untuk berpuasa. Barang siapa yang tidak menjalankan puasa dibulan ramadhan maka diwajibkan untuk mengganti atau mengqadha.

Qadha’ Ramadhan dapat ditunda, maksudnya adalah tidak diharuskan di bulan syawal setelah ramadhan langsung menggantinya.Akan tetapi, dapat dilakukan dibulan dzulhijjah hingga bulan sya’ban, asalkan belum meamsuki bulan ramadhan yang berikutnya.

Orang-orang yang di izinkan untuk tidak puasa ramadhan dan meng-qadha’ puasa ialah orang sakit, seorang musafir, seorang ibu yang menyusui, dan seorang wanita yang mendapati haid dan nifas.

Qadha puasa ramadhan ini hukumnya adalah wajib. Apabila didapati seseorang yang belum mengerjakan qadha’ puasa kemudian ia meninggal dunia maka walinya wajib untuk menggantikannya. Sebab terdapat sebuah hadits yang menerangkan :

Dari A’isyah ra. bahwa rasulullah saw. telah bersabda :

“Barangsiapa mati padahal berhutang puasa, maka walinya puasakan dia”.(HR. Bukhari dan Muslim)

Sudah jelas begitu pentingnya mengqadha’ puasa ramadhan, Untuk itu perlu juga bagi kita untuk mengetahui tata cara qadha’ puasa ramdhan. Cara puasa qadha’ tak berbeda dengan puasa biasanya, perbedaannya terdapat pada niatnya.

Niat Puasa Qadha Ramadhan

Niat Puasa Qadha Ramadhan

Untuk teman-teman yang belum tahu bacaan niat qadha’ puasa ramadhan Berikut ini bacaan niat mengganti atau mengqadha puasa ramdhan dalam bahasa arab dan tulisan latinnya :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN QADAA’IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA’ALAA

Artinya : Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta’ala

Adapun untuk doa berbuka puasa qadha’ tidaklah berbeda dengan doa buka puasa pada umumnya. Berikut adalah bacaan doa berbuka puasa dengan bahasa arab, tulisan latin dan artinya :

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA’ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Itulah bacaan doa niat dan berbuka qadha’ puasa ramadhan, semoga bermanfaat. Dan yang masih memiliki hutang puasa ditahun lalu yang belum diganti dapat segera diganti.

Sebab meski qadha’ boleh ditunda selama belum masuk bulan ramadhan yang berikutnya, akan lebih baik jika dilakukan dengan segera. Sebab itu termasuk perbuatan yang baik, dan Allah swt berfirman untuk tidak menunda-nunda dalam hal kebaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *