Keutamaan dan Adab Membaca Al-Qur’an Pada Bulan Ramadhan

Diposting pada

Keutamaan dan Adab Membaca Al Qur’an – Bulan ramadhan merupakan bulan mulia yang menyimpan banyak keberkahan dan keutamaan. Ribuan umat muslim di dunia berlomba-lomba dalam melakukan kebajikan dalam bulan ramadhan ini. Misalnya adalah dengan memperbanyak tadarus Al-Qur’an.

Bulan ramadhan ini adalah bulan Al-Qur’an, sebagai mana dijelaskan didalam firman Allah swt. pada surah Al-Baqarah ayat 185 :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya :

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Dari penjelasan firman Allah swt. diatas menunjukkan bahwa begitu istimewanya bulan ramadhan ini, dimana pada bulan tersebut diturunkannya kitab suci Al-Qur’an yang merupakan petunjuk dan pedoman hidup manusia.

Lalu, apa keutamaan membaca Al-Qur’an dibulan ramadhan ? pada kesempatan kali ini Admin Ciudad1.com akan mengupas tuntas terkait dengan keutamaan-keutamaan dan adab  membaca Al-Qur’an dibulan ramadhan.

 

Keutamaan dan Adab Membaca Al Qur’an Pada Bulan Ramadhan

Keutamaan dan Adab Membaca Al Qur’an Pada Bulan Ramadhan

Banyak sekali telah diketahui hadits-hadits terkait dengan keutamaan membaca Al-Qur’an, diantaranya adalah sebagai berikut.

Yang pertama adalah dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu : Saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه

Artinya : “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804].

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan umatnya agar senantiasa membaca Al-Qur’an disetiap waktu dan lebih ditekankan ketika memasuki waktu ramadhan.

Dimana Allah swt menjanjikan kepada hambanya yang senantiasa membaca Al-Qur’an kelak di hari kiamat Al-Qur’an akan datang  dan memberi syafaat kepada mereka yang rajin membacanya.

Sabda Rasulullah saw lainnya adalah :

مَنْ قَرَأَ بِمِائَةِ آيَةٍ فِى لَيْلَةٍ كُتِبَ لَهُ قُنُوتُ لَيْلَةٍ

Artinya :

“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam” ( HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468)

Begitu besar keutamaan dalam membaca Al-Qur’an, sehingga membuat antusiasme umat islam dalam berlomba-lomba mengkhatamkan Al-Qur’an ketika bulan ramadhan begitu besar pula.

Akan tetapi, meski demikian mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan ramadhan bukanlah hal yang diwajibkan, sebagaimana dijelaskan oleh syaikh Al-‘Utsaimin rahimahullah, beliau berkata :

“Mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan bagi orang yang berpuasa bukanlah perkara yang wajib. Akan tetapi sebaiknya seseorang memperbanyak membaca Al-Quran di bulan Ramadhan” (Majmu’ Fatawa wa Rasail 20/516)

Adab dalam membaca Al-Qur’an

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan umat islam ketika membaca Al-Qur’an, untuk itu mari kita simak hal apa saja yang perlu diketahui dan dilakukan sebelum dan ketika membaca Al-Qur’an !

  1. Awali dengan niat ikhlas, tulus semata-mata karena Allah swt. dan bukan karena urusan dunia.
  2. Hal yang kedua, dalam membaca Al-Qur’an kita dianjurkan dalam keadaan suci, baik suci dari hadas besar ataupun hadas kecil.
  3. Berikutnya, tempat kita untuk membaca Al-Qur’an pastikan bersih dan suci dari najis.
  4. Hendaknya menghadap kiblat, duduk penuh ketenangan dan sakinah. Membacanya dengan pelan (tartil) dan tidak cepat, agar dapat menghayati ayat yang dibaca.
  5. Membaguskan suara ketika membacanya. Sebagaimana sabda Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam, “Hiasilah Al-Qur’an dengan suaramu.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al- Hakim).
  6. Membaca Al-Qur’an dimulai dengan isti’adzah. Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya, “Dan bila kamu akan membaca Al-Qur’an, maka mintalah perlindungan kepada Alloh dari (godaan-godaan) syaithan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl: 98).

Itulah adab dalam membaca Al-Qur’an, hal ini dilakukan selain karena menghormati Al-Qur’an sebagai kitab suci juga karena demi kesempurnaan pahala yang di peroleh dari membaca Al-Qur’an tersebut.

Baca juga :

Demikianlah pembahasan mengenai keutamaan dan adab membaca Al-Qur’an semoga dapat bermanfaat dan memotivasi kita semua untuk lebih rajin dan sesering mungkin membaca Al-Qur’an dibulan Ramadhan dan setelahnya. Aamiin …..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *