Jenis-jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara bagi pemula

Diposting pada

Jenis-jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara- Teman-teman ingin memiliki peloharaan dirumahnya sebagai hiburan. Tetapi teman-teman tak ingin berisik dan mengotori ruangan rumah anda serta tak ingin ribet mengurusnya.

Kami rasa peloharaan yang satu ini cocok untuk teman-teman coba. Selain tidak menimbulkan berisik dan tidak mengotori tempat, peloharaan satu ini cenderung menciptakan suasana yang tenang dan nyaman di ruangan rumah kita.

Tak hanya itu, perawatan untuk peliharaan jenis ini pun terbilang cukup mudah sobat. Peliharaan yang dimaksud ini adalah ikan hias teman-teman. Selain jenis-jenis ikannya yang beragam dan cantik-cantik, teman-teman juga bisa menghiasi aquarium untuk tempat ikan tersebut agar terlihat lebih menarik dan alami.

Baca Juga :

Download suara burung kenari gacor panjang terbaru

Cara merawat burung kenari agar cepat gacor

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan rekomendasi terkait jenis-jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara untuk pemula. yuk, simak sampai dengan selesai ya guys.

13 Jenis ikan hias air tawar yang Indah dan mudah dipelihara

1. Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang indah dan menawan, selain itu ikan cupang juga adalah ikan yang pemeliharaannya cukup mudah.

Ikan ini tidak membutuhkan aquarium yang besar dan juga tidak membutuhkan airrator dan filter dalam pemeliharaannya. Bahkan ketrika kalian sedang sibuk dan lupa untuk mengganti airnya  kalian tidak perlu khawatir ikan cupang akan mati.

Hal ini disebabkan ikan cupang tetap dapat bertahan didalam air yang keruh. Ikan ini sangat cocok untuk kalian yang pemula. Namun, yang perlu di ingat ikan cupang tidak dapat di gabung dengan ikan hias jenis lainnya.

2. Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan ikan hias yang memiliki keindahan yang terletak pada ekornya yang memiliki beragam warna. Selain dari keindahannya ikan guppy ini juga sangat mudah untuk dipelihara.

Ikan ini tidak memerlukan aquarium yang besar dan juga tetap bisa bertahan hidup tanpa filter dan airator. Bahkan untuk mengembangbiakan ikan gupy ini juga sangat mudah. Ketika ikan ini sudah merasa nyaman dengan lingkungannya maka ia akan bisa beberkembangbiak dengan mudah.

3. Ikan Killi

Ikan kili merupakan salah satu jenis ikan hias yang cantik dan unik serta mudah perawatannya. Mungkin belum banyak orang yang belum mengetahui jenis ikan ini. Ikan killi memilik sifat dan karakter yang sama dengan ikan cupang, yakni sama-sama agresif terhadap ikan jantan lainnya, karena memiliki sifat yang teritori.

4. Ikan sapu-sapu

Ikan sapu-sapu merupakan salah satu ikan hias yang sangat mudah perawatannya. Karena, makanan ikan ini adalah lumut atau kotoran yang melekat pada aquarium atau kolam.

Sehingga kamu tidak akan kerepotan memelihara ikan jenis ini. Bahkan ketika kalian lupa memberi makan, ikan ini akan tetap bisa makan. Selain itu ikan ini juga dapat di gabungkan dengan ikan jenis lainnya dalam satu aquarium.

5. Ikan Corydoras

 Ikan corydoras adalah ikan hias yang masih berkerabat dekat dengan ikan sapu-sapu. Karena masih dalam ordo yang sama yaitu Siluriformes. Ikan ini termasuk ikan yang mudah dipelihara.

Karena, dalam mencari makanan ikan coridoras memakan sisa makanan yang jatuh kedasar aquarium dan juga memakan bangkai ikan yang mati. Ikan ini juga sangat tahan terhadap berbagai kondisi air dan juga dapat digabungkan dengan ikan hias lainnya. Sehingga ikan ini sangat cocok sekali untuk kalian yang masih pemula.

6. Ikan Redtail Catfish

Ikan redtail catfish ini juga masih berkerabat dekat dengan ikan sapu-sapu dan ikan corydoras karena, masih berada dalam ordo yang sama yaitu Siluriformes. Ikan Redtail Catfish merupakan ikan yang mudah pemeliharaannya.

Tapi perlu kalian ingat, ikan ini tidak dapat digabung dengan ikan hias lain yang berukuran lebih kecil, sebab ikan kecil itu adalah makannaya. Jadi, jika kalian ingin memelihara ikan jenis ini gabungkanlah dengan jenis ikan predator lainnya atau dengan ikan yang berukuran sama.

7. Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias yang banyak dipelihara oleh penggemar ikan hias. Karena bentuknya yang unik dan menggemaskan. Cara pemeliharaan Ikan ini juga tergolong mudah. Karena ikan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan dapat digabung dengan ikan hias jenis lainny.

Kamu hanya perlu menyediakan aquarium yang luas untuk ikan berenang, dan juga filter serta airator didalamnya, serta jangan terlalu berlebihan dalam memberikan makan. Tujuannya adalah agar kamu tidak repot dalam mengganti air aquarium.

8. Ikan Komet

Ikan komet merupakan ikan hias yang cara perawatannya tergolong mudah. Ikan ini termasuk ikan yang tidak mudah stres dan mampu beradaptasi dengan lingkungan dan juga dapat digabung dengan jenis ikan hias lainnya.

9. Ikan Cardinal Tetra

Ikan cardinal tetra merupakan ikan hias yang kuat dan tidak gampang mati. Selain itu pengembang biakan ikan ini juga cukup mudah. Namun, yang perlu kamu ketahui didalam memelihara ikan ini adalah memperhatikan suhu dan ph air dalam aquarium.

Ph yang cocok untuk memelihara ikan ini adalah 5.0-7.0 dan suhu yang cocok adalah 25.6-26.7 drajat calcius.

10. Ikan Blackghost

Ikan blacghost metrupakan salah satu ikan hias yang mudah perawatannya, karena ikan ini tidak mudah stres dan juga bisa  digabungkan denga ikan hias lainnya seperti ikan guppy.

Dalam pemberian makan cukup dua kali dalam sehari. hindari warnai yang cerah atau terang didalam aquarium, lebih bagus tambahkan lebih banyak tempat persembunyian karena sifat ikan ini pemalu.

11. Ikan Molly Balon

Ikan molly balon merupakan ikan hias dengan perwatan yang mudah. ikan jenis ini tidak mudah stres dan dapat digabung dengan ikan hias jenis lainnya, asalakan tidak digabungkan dengan ikan jenis predator ataupun ikan hias yang ukurannya lebih besar dari ikan ini.

12. Ikan Pedang

Ikan pedang merupakan ikan hias yang mudah untuk di pelihara. Bahkan dapat bertahan hidup tanpa airator ataupun filter asalkan kamu menyediakan aquarium yang besar, asalkan kamu rutin mengganti air.

13. Ikan Platy

 Ikan platy memiliki bentuk yang sangat mirip dengan ikan pedang bahkan warnanya pun sangat mirip ikan pedang, hanya saja ikan platy tidak memiliki ekor yang berbentuk pedang seperti ikan pedang.

Itulah 13 jenis ikan hias tawar yang indah dan mudah untuk dipelihara untuk kalian yang pemula. Semoga artikel ini dapa menjadi referensi teman-teman dalam menentukan ikan apa yang harus kalian pelihara dirumah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *