Jenis Burung Kenari yang Populer di Indonesia

Kenari merupakan salah satu burung pengicau yang populer di Indonesia. Saking populernya hampir semua kicaumania memelihara burung kenari.

Bagi sobat yang ingin memeliharanya pun bisa membelinya di toko burung. Pada umumnya mereka menyediakan berbagai jenis burung kicau termasuk kenari.

Namun sebelum membeli kenari sebaiknya kenali dulu berbagai jenis kenari yang populer di Indonesia.

Kenapa harus tahu jenis-jenisnya? Menurut saya ini sangat penting, sebab setiap jenis burung kenari memiliki keistimewaan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut bisa anda perhatikan pada corak bulu hingga suara kicaunya.

Bagi yang sedang mencari kicauan kenari silahkan download suara kenari gacor yang sudah kami sediakan.

Selain itu, setiap jenis kenari dibandrol dengan harga yang bebeda-beda pula. Jadi dengan memahami hal tersebut kalian bisa memiliki jenis burung kenari sesuai selera.

Baiklah, untuk mempersingkat artikel ini langsung saja kita menuju pada intinya. Silahkan baca dan pelajari dengan baik jenis kenari di Indonesia berikut ini.

Jenis Burung Kenari yang Populer di Indonesia

Jenis Burung Kenari di Indonesia

Di Indonesia ada puluhan jenis kenari yang bisa ditemukan, namuan tidak semuanya populer. Karena itu dibawah ini saya hanya menuliskan 5 jenis kenari yang paling digemari.

1. Kenari Gunung / Kenari Melayu

Burung Kenari Gunung

Kenari melayu atau kenari gunugn dikenal juga dengan sebutan javan greenfinch, jenis ini merupakan kenari asli dari Indonesia.

Sobat bisa menemukan burung ini di wilayah Jawa, terutama daerah pegunungan seperti gunung pangrongan, gunung gede,  papandayan , gunung lawu dan penggunungan tengger.

2. Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire

Dari sekian banyak jenis kenari, jenis Yorkshire inilah yang banyak menyita perhatian kicaumania sejak datang di Indonesia. Yups, jenis kenari ini bukan asli Indonesia, melaikan berasal dari Inggris.

Jika diperhatikan, burung kenari Yorkshire memiliki postur tubuh yang lebih besar dibandingkan kenari jenis lainnya..

Harga kenari ini pun bukan kaleng-kaleng, kenari Yorkshire betina dibandrol diatas 3jt, sedangkan yang jantan dibandrol diatas 4jt.

3. Kenari Waterslager

Kenari Waterslager

Kenari jenis Waterslager berasal dari Belgia, suara kicau Waterslager sangat mantap, speednya rapat dan bervolume tinggi.

Postur tubuh kenari ini sama seperti burung kenari pada umumnya, yaitu sekitar 16 cm.

Warna bulunya di dominasi dengan warna kuning dan terdapat sedikit warna putih dibagian pinggir sayap.

4. Kenari Spanish Timbrado

Kenari Spanish Timbrado

Dari namanya langsung bisa ditebak dari mana asal kenari ini, yaitu dari Spanyol.

Sampai saat ini Kenari Spanish Timbrado masih murni, artinya belum ada hasil silangan dari jenis ini.

Contoh saja, kenari F1 yang merupakan silangan atau hasil kawin silang antaran kenari yorkshire dengan kenari lokal.

5. Kenari Roller

Kenari Roller

Kenari Roller terlihat mirip dengan kenari Yorkshire, namun postur tubuhnya lebih kecil.

Burung Kenari Roller ini berasal dari Jerman. Keunikan kenari jenis ini yaitu ketika berkicau tenggorokannya akan mengembang atau menggelembung.

Itulah beberapa jenis kenari yang populer di Indonesia, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk sobat semua.

Masih banyak jenis burung kenari yang belum kami tuliskan pada artikel ini. Semoga diwaktu yang mendatang saya masih diberikan kesempatan untuk menuliskan spesies kenari yang lain. Salam kicau mania..

 

Tags: