Doa Menyambut Bulan Ramadhan 2019

Diposting pada

Doa Menyambut Bulan Ramadhan – Tinggal menghitung hari umat islam diseluruh Dunia akan kedatangan tamu istimewa yakni tamu yang dinanti-nantikan kehadirannya oleh umat islam. Tamu tersebut adalah Bulan Suci Ramadhan.

Begitu banyak kaum muslimin yang dengan gembira dalam menyambut Ramadhan, akan tetapi tak sedikit pula yang merasa berat dengan datangnya bulan Ramadhan ini.

Antusias dan gembira dalam menyambut bulan Ramadhan ini merupakan cerminan Ketaqwaan yang terdapat didalam hati kita, sebab bulan Ramadhan salah satu bentuk syiar agama yang seharusnya kita hormati dan agungkan. Allah swt berfirman : “Dan barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketaqwaan hati. “(QS. Al-Hajj:32)

Kegembiraan yang dimaksud diatas bukanlah kegembiraan karena, akan ramainya hari dengan petasan ataupun akan dijanjikan baju baru saat tiba lebaran seperti kegembiraan-nya anak kecil.

Kegembiraan disini adalah kegembiraan karena kita diberikan kesempatan untuk mensucikan diri, memohon ampunan atas dosa yang telah lalu dan memperoleh keutamaan-keutamaan dalam Ramadhan ini. Oleh karena inilah banyak umat islam yang memohon agar dapat kembali dipertemukan dengan Ramadhan-ramadhan berikutnya. Sebab bulan ramadhan ini bulan yang mulia dan menyimpan keutamaan yang luar biasa.

Rasulullah saw. bersabda :

“(Bulan dimana) dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, syetan-syetan dibelenggu. Dan berserulah malaikat : wahai pencari kebaikan, sambutlah. Wahai pencari kejahatan, berhentilah” (demikian) sampai berakhirnya ramadhan” [HR Ahmad]

Selain bergembira dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan ini perlu kita berdoa pula dalam menyambutnya, dengan harapan agar segala amalan dan ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan diterima Allah swt. Bagaimanakah bacaan doa dalam menyambut bulan Ramadhan tersebut ? Mari kita simak penjelasan dibawah ini !

Baca juga : Tata Cara Shalat Tarawih

Doa Menyambut Bulan Ramadhan 2019

Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Terdapat sebuah kisah setelah Rasulullah saw wafat, para sahabat bergembira ketika menyambut bulan ramadhan. Kegembiraan tersebut di wujudkan dalam bentuk doa dan harapan baik dalam memulai bulan ini. Hal tersebut merupakan gambaran begitu antusiasnya para sahabat dalam menyambut bulan Ramadhan.

Salah satu doa yang diucapakan para sahabat ketika menyambut bulan ramadhan, sebagaimana disebutkan dalam kitab Majma’ al-Ahbab, dari Ubadah bin as-Shomit dari Nabi Muhammad saw. bahwa ketika menyambut bulan ramadhan beliau berdoa :

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Artinya : Ya Allah berilah keselamatan kepadaku untuk (menghadapi) Ramadhan. Berilah kesejahteraan Ramadhan untukku dan terimalah ibadah ramadhan dariku.”

Adapun terdapat doa lain yang dapat diucapkan ketika menyambut bulan baru termasuk menyambut bulan ramadhan yang dibaca ketika melihat hilal atau bulan baru.

Doa Ketika Melihat Hilal

اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Artinya : “Allahu Akbar! Ya Allah, jadikanlah hilal itu bagi kami dengan aman dan iman, keselamatan dan Islam serta taufik kepada apa yang kami cinta dan Engkau ridla. Rabb kami dan Rabbmu (bulan) adalah Allah (HR. Ahmad 888, Ad-Darimi dalam Sunannya no. 1729, dan dinilai shahih oleh Syua’ib Al-Arnauth dalam Ta’liq Musnad Ahmad, 3/171).”

Oleh karena itu, kita yang masih diberi kesempatan untuk menjumpai bulan suci ramadhan mari kita manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Manfaatkan momentum ini untuk menjadikan diri lebih baik dan tingkatkan ketaqwaan kita terhadap Allah swt.

Baca juga : Tata Cara Shalat Witir

Demikianlah yang dapat admin ciudad1.com sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan semoga amal ibadah dan puasa kita dibulan ramadhan tahun ini diterima Allah swt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *