Doa Masuk Dan Keluar Kamar Mandi (WC) Sesuai Sunnah

Diposting pada

Doa Masuk Dan Keluar Kamar Mandi – Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita semua untuk berdoa disetiap perbuatan atau tindakan yang hendak kita lakukan ataupun kita akhiri.

Bedoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu bertujuan mohon perlindungan kepada Allah swt dari segala marbahaya, keburukan ataupun kejahatan yang disebabkan makhluk ciptaannya yang mungkin terjadi.

Hampir disetiap kegiatan atau perbuatan telah diajarkan oleh Rasulullah saw doa-doanya, seperti doa mau makan dan sesudah makan, doa akan tidur dan bangun tidur dan masih banyak lagi doa-doa lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kami admin Ciudad1.com akan membahas doa masuk dan keluar kamar mandi (wc) secara lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin dan beserta artinya.

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi / WC

Sudah kita ketahui kamar mandi/Wc/Toilet/Jamban/Kakus adalah tempat yang kotor, sarangnya kuman-kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu ketika hendak memasukinya.

Memohon perlindungan kepada Allah swt agar terhindar dari segala keburukan yang dapat menimpa kita. Berikut ini adalah lafadz bacaan doa masuk kamar mandi/Wc/Toilet/Jamban/Kakus :

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Allahumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khobaaitsi

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan perempuan”

Doa ini dibaca ketika hendak memasuki kamar mandi. Dan selain membaca doa tersebut disunnahkan pula ketika memasuki kamar mandi diawali dengan langkah kaki kiri terlebih dahulu.

Dan ketika kita hendak keluar dari kamar mandi, dianjurkan pula untuk membaca doa. Berikut ini adalah lafadz bacaan doa keluar kamar mandi/Wc/Toilet/Jamban/Kakus :

Bacaan Doa Keluar Kamar Mandi

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya : “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

Doa diatas dibaca ketika hendak keluar kamar mandi dan disunnahkan pula untuk mendahulukan kaki kanan ketika keluar kamar mandi. Sebagai tanda syukur kepada Allah swt yang telah mengeluarkan kotoran, sumber penyakit dari tubuh kita.

Adapun hadist yang dapat menjadi dasar untuk anjuran membaca doa keluar dan masuk kamar mandi adalah :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya :

“Anas bin Malik Ra. menuturkan, jika Rosulullah Saw hendak masuk WC, beliau berdo’a, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaits” ( ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan”.(HR. Bukhari)

أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ

Artinya :

“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”

Baca juga :

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan terkait bacaan doa masuk dan keluar kamar mandi lengkap dengan tulisan latin dan terjemahannya serta hadist-hadist pendukung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *