Doa Agar Hati dan fikiran Tenang Menghilangkan Perasaan Negatif, Sedih, Marah dan Gelisah

Diposting pada

Doa Agar Hati dan fikiran Tenang-Assalamu’alaikum wr wb, Puji syukur kita ucapkan kepada Allah swt atas kenikmatan yang diberikannya, sehingga kita dapat berjumpa kembali di sini tentunya dalam keadaan sehat aamiin.

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas Doa Agar Hati dan fikiran Tenang ,yang insyaallah akan bermanfaat untuk kita semua.

Dalam hidup tentu tak akan luput dari cobaan dan masalah yang terkadang membuat kita tertekan, membuat fikiran kita kacau dan hati kita gelisah. Akan tetapi teman-teman, justru jika kita gelisah, kita sedih, marah ini malah akan memberikan aura negatif terhadap diri kita.

Baca Juga :

Bacaan doa selamat dunia akhirat 

Bacaan dzikir dan doa setelah shalat lima waktu

Setan akan mudah merasuki tubuh dan mempengaruhi fikiran kita. Maka dari itu, disaat  kita tertimpa suatu masalah dan cobaan hal yang perlu kita lakukan adalah mendekatkan diri kepada Allah swt dan berdoa mohon perlindungan dan pertolongan kepada-nya.

Ada banyak cara agar kita bisa tetap tenang dalam menghadapi suatu permasalahan, seperti berwudhu, shalat dan berdoa.

Doa agar diberikan ketenangan hati

Seseoarang yang mengalami guncangan dalam hidupnya akan mengakibatkan jiwanya resah dan tidak tenang. Oleh karenanya kita perlu menenangkan hati dan fikiran kita dengan berdoa. Dengan selalu berdoa dan berdzikir kepada Allah swt insyaallah segala bentuk keresahan dan kecemasan akan segera dihilangkan.

Berdoa dan berdzikir kepada Allah merupakan bentuk ibadah yang sangat mulia serta memiliki banyak faedah baik didunia maupun diakhirat kelak. Oleh karenanya perbanyaklah berdoa dan berdzikir baik dalam keadaan sedang lapang ataupun sempit tertimpa masalah.

Berdoa mohon ketenangan hati, artinya kita menyerahkan diri kita kepada Allah swt serta memohon pertolongan atas segala kesulitan yang dihadapi. Karena Allah swt senantiasa bersama-sama dengan orang yang berdoa. Maka diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam doa-doa penenang hati dan fikiran.

Berikut ini adalah beberapa bacaan doa agar hati kita tetap tenang dan tegar dalam menghadapi masalah dan cobaan yang di berikan Allah swt :

Bacaan Doa agar hati tenang, tidak gelisah, sabar serta ikhlas lengkap dengan artinya

1. Bacaan Doa Mohon ketenangan Hati

2. Bacaan doa mohon dilapangkan hati dan fikiran

3. Bacaan doa mohon kesabaran dan keteguhan hati

4. Bacaan Doa mohon ketenangan jiwa

5. Doa Mohon dilapanglan hati dan segala urusan

Hati adalah inti dari diri kita, apabila ia rusak dan kotor maka akan sangat berpengaruh terhadap diri kita. Oleh karenanya kita harus senantias menjaganya dengan cara mendekatkan diri kepada Allah swt, perbanyak berdoa dan berdzikir mohon perlindungan dan petunjuk kepada-nya.

Amalan-amalan agar hati dan fikiran tenang

Selain dari doa-doa diatas terdapat pula amalan-amalan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa cemas, ragu, gelisah serta amarah. amalan-amalan tersebut antara lain adalah :

1. Perbanyak Istighfar

Saat dilanda masalah dan cobaan perbanyaklah membaca istighfar, karena ini dapat membantu menenangkan hati dan fikiran kalian agar terhindar dari aura-aura negatif yang dibisikkan oleh setan.

2. Memabaca atau mendengarkan ayat-ayat al-qur’an

membaca atau mendengarkan ayat-ayat al-qur’an dengan khusyu’ dan dapat membuat batin kita tentram, fikiran kita tenang kembali.

3. Berwudhu

Dengan berwudhu maka hati dan fikiran kita akan kembali dingin. Kita tidak akan mudah terpengaruh dengan godaan setan.

4. Mendirikan Shalat Tahajud

Mendirikian shalat tahajud dengan hati yang ikhlas menjadi bentuk penyerahan diri kepada Allah swt, dengan harapan diberikan petunjuk dan kelapangan hati dalam menghadi segala cobaan hidup.

5. Bershalawat kepada Nabi saw

Perbanyak membaca shalawat dapat menenangkan hati dan fikiran kita. Dengan kita bershalawat insyaallah akan segera dihilangkan rasa cemas dan gelisah yang ada dihati dan fikiran kita.

6. Perbanyak berdzikir mengingat Allah swt

Perbanyaklah berdzikir mengingat Allah swt dalam keadaan apapun niscaya Allah swt akan memberikan petunjuk dan ketenangan dalam hidup. adapun dzikiir yang siring dibaca untuk memohon ketenangan hati adalah :

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

(Hasbunallah wanikmal wakil)

Artinya: “Cukuplah Allah sebagai Pelindung kami” – Surah Al-Imran Ayat 173.

Baca Juga :

Pengertian Biografi, Jenis-Jenis, Unsur, Tujuan dan Contoh Biografi

Demikianlah pembahasan Doa Agar Hati dan fikiran Tenang Menghilangkan Perasaan Negatif, Sedih, Marah dan Gelisah yang kami sajikan dalam bentuk tulisan arab dan latin lengkap beserta artinya. Semoga dapat bermanfaat dan kita semua senantiasa di berikan petunjuk dan pertolongan oleh Allah swt disetiap permasalahan yang ada. aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *