Cara Merawat Murai Batu Bakalan Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Cara merawat burung murai batu biar cepat gacor dan jinak memang membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa 1 sampai 2 bulan. terkadang juga ada yang lebih cepat hanya dalam hitungan minggu, semua itu tergantung bagaimana perawatan yang anda lakukan. namun bagi anda yang belum punya pengalaman apa-apa atau masih pemula, bisa menyimak tips perawatanya berikut ini.

Murai batu adalah burung kicau yang istimewa, selain suaranya yang merdu dan bervariasi, burung murai juga memiliki warna bulu yang indah, serta postur tubuh yang cantik, serta ekornya yang panjang membuat burung ini semakin menarik. burung ini memiliki warna kuning jingga pada tubuh bagian bawah, hitam pada bagian kepala dan sayap dan sedikit putih pada bagian punggu belakang. maka dari itu, burung murai selain dijadikan sebagai burung lomba dan kontes, juga di pelihara untuk mempercantik suasana rumah.

Sama seperti burung lainya, murai batu memiliki banyak sekali jenisnya, diantaranya adalah, murai batu medan, murai batu aceh, murai batu nias, borneo atau kalimantan dan masih banyak lagi. meskipun banyak jenisnya, namun dari segi perawatan sama saja, mungkin ada perawatan tambahan atau perawatan khusus, itupun hanya di ketahui oleh sang pemilik burung masing-masing, namun kalau pada umumnya, tidak beda jauh dengan perawatan burung lainya.

Murai batu terkenal memiliki kicauan yang keras dan nyaring, bisa membuat telinga peka saat di gantung di dalam rumah. apa lagi kalau murai batu tersebut sangat cerewet, bisa-bisa anda tidak bisa tidur dibuatnya. namun bagi para penggemar burung, itu adalah hal yang luar biasa, nah, jika burung murai anda ingin gacor panjang, anda harus melakukan beberapa tahapan atau langkah perawatan di bawah ini.

cara merawat murai batu

Cara Merawat Murai Batu Biar Rajin Bunyi

Terdapat beberapa tahapan dalam merawat murai batu, berikut ini adalah cara merawat murai batu yang baik dan benar.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Prenjak Biar Cepat Gacor

Pengkomboran

Tahap awal adalah pengkomboran, pengkomboran disini adalah melepaskan burung di kandang yang besar, agar burung bisa berterbangan dengan lincah kesana dan kemari. ukuran kandang untuk pengkomboran sendiri kurang lebihnya adalah panjang 5 meter, lebar 3 meter. berikan pakan di tempat komboran, usahakan wadah pakan dan minum burung jangan ditempatkan sejajar, ini berfungsi agar burung terbang kesana dan kemari. waktu yang baik untuk pengkomboran sendiri adalah jam 05:30 pagi sampai jam 07:00 pagi.

Pengembunan Murai Batu

Pengembunan atau mengangin-anginkan burung adalah hal penting, supaya burung bakalan terbiasa dengan lingkungan sekitarnya. cara pengembunan sendiri sangat simple, anda tinggal meletakan atau menggantungkan kandang burung di luar rumah, bisa batang pohon atau di tiang khusus. angin-anginkan burung selama 30 menit, dan waktu yang pas adalah pagi hari saat udara masih segar.

Mandikan Burung Murai Batu

Tahap selanjutnya adalah pemandian, mandikan burung murai dengan cara menyemprotnya dengan spray atau alat khusus lainya. silahkan semprot halus ke bulu-bulu burung murai sampai merata, agar burung murai menjadi segar, bulu nya halus serta terhindar dari kutu dan penyakit.

Bersihkan Kandang Murai Batu

Kebersihan kandang adalah faktor yang gak kalah penting, kandang yang bersih akan menghindarkan murai dari serangan berbagai penyakit. selain membersihkan kotoran burung murai yang menumpuk, anda juga harus telaten membersihkan wadah makan dan minum.

Pemberian Pakan Murai Batu

Dalam pemberian pakan kepada murai batu haruslah rutin, dimana pada jam tertentu dan saat tertentu yang sudah di tentukan. misalnya kalau hari ini anda memberikan pakan pada jam 08:00, pada hari esok dan seterusnya anda harus memberikan pakan pada jam yang sama, ini biasa di sebut dengan setting harian.

Takaran atau Model Pemberian Pakan Harian

Pada pagi hari silahkan berikan makanan tambahan yaitu jangkrik 7 ekor, dan sore hari berikan jangkrik 5 ekor. selain itu berikan juga kroto 3 kali sehari, pagi, siang, dan sore. pemberian kroto tidak boleh setiap hari, berikan 3 kali dalam seminggu. kemudian untuk makanan pokok atau makanan sehari-hari, berikan voer burung dengan mengoplosnya dengan pelet atau voer lele, takaranya 70 banding 30.

Penjemuran Burung Murai Batu

Banyak sekali manfaat dari proses penjemuran, salah satunya untuk membuat burung murai batu menjadi cepat gacor. sinar matahari mengandung infra merah yang berfungsi sebagai pembentukan hormon pada burung. penjemuran juga berfungsi sebagai anti virus penyebab penyakit, membunuh jamur-jamur kecil pada kandang dan mengusir kutu pada bulu burung murai.

Pemasteran Burung Murai Batu

Proses pemasteran murai batu adalah faktor yang paling penting untuk melatih vocal atau kicauan burung murai. maka dari itu, anda harus menggunakan suaa masteran yang pas, untuk suara masteran anda bisa menggunakan audio mp3 atau bisa menggunakan kicauan dari burung murai lainya. namun untuk lebih mudah dan lebih simpel nya, anda gunakan saja audio mp3 murai batu yang sekarang bisa anda dapatkan dengan mudah di internet. pemasteran sendiri paling baik dilakukan pada pagi menjelang siang, lakukan 30 sampai 35 menit setiap hari rutin.

Demikian adalah proses perawatan murai batu yang dapat saya bagikan kepada anda semua, semoga bisa bermanfaat. mudah-mudahan setelah melakukan dan mempraktekan langkah-langkah diatas, burung murai kesayangan anda bisa langsung gacor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *