Cara Merawat Burung Prenjak Biar Cepat Gacor dan Jinak

Diposting pada

Burung prenjak adalah salah satu burung pengicau yang memiliki suara merdu. namun merdu tidaknya suara prenjak, tergantung dari cara perawatan yang di lakukan oleh si pemilik. bagi anda yang mungkin stres dan bingung dikarenakan burung prenjak kesayangan tidak gacor-gacor padahal sudah melakukan perawatan semaksimal mungkin. jangan kuatir, karena saya punya beberapa tips jitu menjadikan burung prenjak cepat gacor dan rajin bunyi.

Prenjak menurut keyakinan orang jawa merupakan burung pemberi isyarat atau pemberi kabar kalau akan ada tamu yang datang kerumah kita. biasanya kalau akan ada tamu yang datang, burung ini berkicau dengan sangat merdu, saling bersautan antara jantan dan betina di semak ataupun pohon-pohon dekat rumah. meski hanya mitos, namun kebanyakan memang benar adanya, saat ada burung prenjak berkicau di sekitar rumah saya, tidak lama kemudian ada tamu yang datang. percaya atau tidak, itu semua tergantung kepada anda masing-masing.

Kicauan burung prenjak yang indah, keras dan cukup bervariasi, membuat burung ini banyak di gemari oleh kalangan pecinta burung kicau. saat ini prenjak telah banyak di pelihara, karena makih hits, banyak dilakukan perburuan dan menyebabkan habitat dan ekosistem burung burung prenjak menjadi terancam. untuk menanggulangi hal tersebut, sekarang burung prenjak telah banyak yang membudidayakan atau sudah di ternakan.

Karena semakin banyak penggemarnya, burung prenjak masuk kedalam kategori burung kicau yang di lombakan. sudah banyak acara lomba prenjak terselenggara di berbagai wilayah, mulai dari pedesaan, kota hingga lokal dan internasional. bagi anda jangan sampai ketinggalan, silahkan segera pelihara burung prenjak mulai dari sekarang. untuk yang masih pemula, dan bingung bagaimana cara merawat burung prenjak, jangan takut dan jangan sedih, saya akan share beberapa tahapan atau tips nya untuk anda, simak di bawah ini.

Cara Merawat Burung Prenjak Biar Cepat Gacor

Pakan dan Perawatan Burung Prenjak Biar Rajin Bunyi

Menjadikan burung prenjak supaya gacor tentu memerlukan beberapa langkah perawatan yang mengharuskan kita untuk telaten dan menguji kesabaran. namun, jangan patah semangat, bila berbagai cara dan metode sudah dipraktekan, dan belum ada peruhan, monggo coba tips perawatan dari saya berikut ini.

Baca Juga : Download Suara Burung Prenjak Gacor Panjang

Jinakan Burung Prenjak

Kalau burung prenjak yang anda pelihara merupakan burung prenjak liar hasil tangkapan, hal yang harus anda lakukan adalah melakukan pendekatan diri dengan si burung agar burung tidak stres karena ketakutan. cara menjinakan burung prenjak yang pas adalah, silahkan luangkan lebih banyak waktu untuk bercengkarama bersama burung tersebut, mulai dari memberinya makan dengan suapan, mengelus-elus kepala dan tubuhnya dan lakukan gerakan lainya yang membuatnya nyaman. proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama, yang penting anda haru telaten.

Pemberian Pakan Burung Prenjak

Burung prenjak juara yang gacornya minta ampun tentu saja dalam perawatanya tidak asal-asalan, ada perawatan khusus yang mungkin tidak dishare oleh pemiliknya. namun yang pasti dari perawatan tersebut hal yang paling penting adalah jenis makanan prenjak dan aturan pola makan. di alam prenjak adalah burung pemakan serangga seperti ulat, semut kecil dll. namun untuk prenjak peliharaan yang akan digunakan untuk kontes, tentu makananya berbeda, yaitu menggunakan voer yang berkualitas. selain mudah didapat, voer juga bisa menstabilkan suara prenjak bisa semakin jos. selain voer, jangan lupa untuk memberi prenjak vitamin tambahan yang bisa anda dapatkan di toko burung online maupun offline.

Berikan Buah Yang Manis Untuk Prenjak

Selain diberikan kroto, ulat dan voer, suguhkan makanan tembahan berupa buah-buahan yang manis, seperti jambu biji merah, manggis, buah seri, pepaya, srikaya dan lain sebagainya. pemberian buah sebagai pakan tambahan berguna untuk merilekskan burung prenjak, serta menyaringkan suara prenjak supaya kicauanya semakin nyaring.

Kebersihan Kandang Prenjak

Kebersihan kandang juga salah satu faktor penting, kandang yang bersih makan akan membebaskan prenjak dari segala macam penyakit dan kutu, sehingga fisik burung prenjak akan sehat dan nyaman untuk latihan berkicau. karena kesehatan juga penting untuk peforma prenjak saat bernyanyi mengeluarkan semua kemampuanya.

Penjemuran Burung Prenjak di Pagi Hari

Proses penjemuran burung prenjak juga gak kalah penting, selain untuk melatih kestabilan suhu tubuh, penjemuran juga berguna untuk melatih pernafasan prenjak supaya kicauanya bisa gacor panjang. dalam penjemuran, silahkan mandikan terlebih dulu burung prenjak dengan cara semprot embun. selanjutnya ambil semua makanan yang ada di kandang burung prenjak, kecuali minumnya. kemudian jemur dan berikan jangkrik 2 atau 3 ekor, kalau sudah habis, kemudian disusul dengan kroto sama vour nya. lakukan langkah ini selama 1 sampai 2 minggu, dan lihat perubahanya. kalau belum ada perubahan juga, mungkin anda harus bersabar dulu, karena memelihara burung juga tangan-tanganan, atau cocok-cocokan, kalau dalam bahasa jawanya sinung dan waris. kalau tangan cocok untuk memelihara burung, maka burung tersebut akan cepat gacor, kalau tangan anda kurang cocok, maka burung tersebut butuh waktu cukup lama untuk bisa gacor.

Lakukan Pemasteran Burung Prenjak

Dari berbagai tahapan diatas, yang gak kalah penting atau bisa dibilang bagian paling penting adalah proses pemasteran. pemasteran prenjak sangatlah penting, dan paling berpengaruh pada jadi tidak nya si prenjak tersebut. gunakan burung prenjak lainya yang belum begitu mahir berkicau, namun sudah bisa menirukan beberapa cengkok dan nada irama kicauan. kenapa pemasteranya menggunakan burung yang belum begitu jadi? karena agar burung prenjak muda atau bakalan tidak stres, tidak takut sehingga malah akan membuat mentalnya down. kalau burung prenjak anda sudah mulai bisa menirukan bunyi-bunyi selayaknya prenjak lainnya, baru anda gunakan burung prenjak yang sudah benar-benar jadi yang sudah bisa nembak dan ngebren panjang.

Oke bos, itulah beberapa tips atau cara merawat burung prenjak versi saya selaku admin, semoga bisa memberikan anda pengetahuan baru tentang bagaimana cara merawat prenjak yang baik dan benar. mudah-mudahan burung prenjak kesayangan anda cepat gacor dan menjadi burung juara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *