Cara Merawat Burung Kenari Biar Cepat Gacor

Diposting pada

Burung kenari adalah burung kicau yang memiliki suara merdu dan bervariasi. namun tidak semua kenari bisa berkicau dengan indahnya, ada juga kenari yang lebih banyak diam karena stres. biasanya hal seperti ini terjadi disebabkan dari salahnya cara perawatan. biar kenari cepat gacor atau rajin bunyi, di bawah ini saya punya beberapa tips cara merawat kenari bagi pemula, jadi silahkan simak artikel ini sampai akhir.

Kenari bahan atau bakalan merupakan kenari yang masih belum bisa berkicau dengan sempurna. untuk membuatnya menjadi gacor dan bisa menirukan beberapa kicauan yang sulit, kita perlu melatihnya dengan disiplin dan telaten. apalagi jika kenari tersebut merupakan burung yang nantinya akan di jadikan sebagai burung lomba, anda harus hati-hati dalam merawatnya, agar burung tersebut benar-benar menjadi burung idaman bermental fighter.

Burung kenari menjadi burung favorit, karena memang dari segi harga, kenari bahan cukup murah, selain itu stok nya pun berlimpah. saat ini banyak sekali peternak burung yang menernakan kenari, hal ini karena permintaan pasar yang cukup deras. bukan hanya orang dewasa yang suka dengan burung ini, ukuran tubuhnya yang mungil, lucu serta warnanya yang bagus membuat anak-anak pun tertarik dengannya.

Kenari terbilang sebagai burung yang memiliki perawatan mudah, namun meskipun begitu, untuk menghasilkan kenari bermental juara, tentu saja anda harus memberikan perawatan spesial, supaya burung kenari peliharaan anda memiliki kicauan diatas rata-rata. bagi anda yang masih pemula dan bingung tentang bagaimana cara merawat burung kenari dengan baik dan benar, silahkan simak tips di bawah ini.

cara merawat kenari

Cara Merawat Kenari Bakalan Biar Rajin Bunyi

1. Pemberian pakan kenari tidak boleh berlebihan

Pakan adalah faktor yang penting dalam mempengaruhi kualitas kicauan kenari. berikan pakan yang cukup pada kenari kesayangan anda, jangan sampai berlebihan, agar burung tidak kegemukan dan hanya memperhatikan pakan setiap harinya. berikan aturan atau takaran pakan yang pas untuk kenari, kalau bisa di jadwal, supaya hasilnya lebih bagus.

Baca Juga : Cara Memilih Kenari Bakalan yang Bagus

2. Berikan EF secara rutin

Agar hasilnya jos, selain diberikan pakan berupa biji-bijian, kenari juga wajib diberikan pakan tambahan (ekstra fooding), seperti buah dan sayur-sayuran.

3. Berikan daun-daunan hijau pada kenari

Variasi makanan yang bagus untuk pembentukan vokal kenari adalah pemberian pakan berupa daun-daunan hijau yang masih muda, seperti daun mengkudu, daun rumput krokot dan lain sebagainya. banyak yang percaya, bahwa daun-daunan tersebut bisa membuat kicauan kenari menjadi lebih keras dan jernih.

4. Mandikan dan jemur kenari dengan teratur

Seperti merawat burung pada umumnya, memandikan dan menjemur burung kenari sangatlah penting. perawatan ini harus anda lakukan secara rutin, waktu yang pas adalah pagi saat matahari mulai terasa hangat, supaya kenari selalu segar dan sehat.

5. Bersihkan kandang kenari

Kebersihan kandang kenari juga merupakan faktor penting bagi kualitas kelincahan kenari dalam berkicau. karena kandang yang bersih maka kenari akan terhindar dari kutu, tengu dan hewan-hewan kecil pengganggu yang membuat kenari tidak nyaman.

6. Berikan multivitamin

Selain pemberian pakan secara teratur, burung kenari juga membutuhkan asupa tambahan berupa vitamin. untuk vitamin kenari sendiri bisa anda dapatkan diberbagai toko burung, anda bisa membelinya secara langsung atau secara online. vitamin yang bagus untuk kenari anatara lain, biopro, chang vit, kenari booster, aves star canary vit dan masih banyak lagi.

7. Lakukan pemasteran untuk kenari

Dari semua perawatan kenari, perlakuan yang paling penting, dan paling berpengaruh adalah pemasteran. pemasteran kenari bertujuan untuk memancing bunyi kenari. jadi untuk tahap ini, anda harus hati-hati dan teliti dalam melakukanya, gunakan burung masteran yang memang benar-benar pas untuk usia si kenari tersebut. kalau kenari yang anda miliki masih dalam tahap belajar bunyi, jangan gunakan kenari yang sudah gacor, nanti efeknya kenari yang anda miliki malah akan stres atau mental menjadi down.

Itulah beberapa tips jitu cara merawat kenari, semoga bisa membantu anda para kenari mania yang masih pemula. semoga dengan mengikuti tips diatas, burung kenari yang anda miliki menjadi cepat gacor, kicauanya panjang serta bisa menjadi juara di berbagai lomba gantangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *