Cara Merawat Burung Kacer yang Baik Supaya Gacor

Diposting pada

Burung kacer merupakan burung kicau yang memiliki suara merdu, keras dan bervariasi. namun tidak semua burung kacer berkicau dengan gacornya, tergantung dari bagaimana cara merawat dan melatihnya. bagi anda para pecinta kacer, tentu memiliki tahapan-tahapan tersendiri dalam merawat burung kacer. namun bagi yang masih bingung bagaimana cara merawatnya, admin punya tips dan triknya yang akan admin share kepada anda semua.

Kacer merupakan salah satu burung kicau yang memiliki suara merdu dan indah. karena suaranya tersebut, kacer sering di lombakan untuk di cari kacer juara 1 dengan kualitas kicauan di atas rata-rata. namun bukan hanya ocehannya saja yang diperlukan untuk menjadi kacer juara 1, namun mental juga adalah faktor yang terpenting. karena biasanya burung yang pandai berkicau di rumah, belum tentu gacor saat di adu, hal ini dikarenakan mental yang kurang terlatih.

Burung kacer yang sudah jadi atau sudah mahir berkicau memiliki harga yang cukup mahal, apalagi burung kacer yang pernah menjurai kontes, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. nah, bagi anda yang ingin memelihara burung, selain untuk hobi semata, juga bisa sebagai ladang penghasilan, mengingat harga burung kicau yang tinggi.

Burung kacer yang telah berhasil menjuarai kontes, tentu saja bukan burung kacer biasa, maksudnya sudah melalui berbagai pemasteran dan perawatan khusus. sebenarnya anda juga bisa melatih burung kacer bahan yang anda miliki menjadi kacer gacor ngeplong dan rajin bunyi. perawatanya simpel, hanya saja anda harus telaten, berikut ini adalah beberapa langkat perawatan yang bisa anda lakukan.

cara merawat burung kacer

Cara Merawat Burung Kacer Yang Baik Agar Gacor

1. Memberikan Pakan Secara Langsung

Silahkan berikan pakan atau makanan burung kacer secara langsung, maksudnya dengan menyuapinya dengan tangan, jangan hanya di berikan di wadah pakan. tujuanya adalah, agar burung kacer menjadi jinak dan hafal dengan pemiliknya. kalau sudah jinak, burung kacer akan semakin mudah untuk di latih.

2. Berikan Vitamin Tambahan

Selain memberinya makanan biasa, seperti jangkrik, voer, kroto, jangan lupa memberikan asupan vitamin untuk burung, agar burung menjadi lebih jos. berikan vitamin tambahan yang dapat anda beli di toko burung, contohnya, beeang gacor, exstra gacor, breeding, stamino dan lain sebagainya,

3. Bersihkan Kandang Burung Kacer

Burung kacer yang gacor sudah pasti memiliki tubuh yang sehat, menjaga kesehatan burung kacer, salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah membersihkan kandang. kandang yang bersih bisa menghindarkan burung kacer dari serangan penyakit. jadi bagi anda yang punya burung kacer, silahkan bersihkan kandang nya secara rutin.

4. Pemasteran Burung Kacer

Nah, ini ni salah satu faktor yang paling penting dalam proses merawat dan melatih burung kacer, yaitu proses pemasteran. memaster burung kacer tentu tidak boleh sembarangan, kalau tidak burung anda akan stres dan menjadi burung penakut. untuk memaster burung muda atau bahan, silahkan gunakan cara berikut.

  • Silahkan gunakan burung yang masih belajar berbunyi untuk memancing suara burung tersebut.
  • Jangan gunakan burung yang sudah jadi atau sudah mahir berkicau, bisa-bisa burung yang anda latih malah jadi takut, hal ini dapat merusak mentalnya.
  • Latihnya secara teratur, kalau burung kacer anda sudah mulai mengeluarkan kicauanya atau sudah bisa menirukan beberapa kicauan, silahkan gunakan burung kacer lainnya yang lebih mahir lagi, dan begitu seterusnya.

Lihat Juga : Download Suara Burung Kacer Gacor

5. Mandikan Burung Kacer

Memandikan burung kacer adalah salah satu kegiatan penting untuk menjaga kesehatannya. silahkan mandikan burung kacer yang anda miliki secara rutin, waktu yang pas adalah pagi hari, sekitar jam 08.00-10.00 pagi. mandikan burung dengan menyemprotkan air dengan sprayer, atur lubang keluarnya air dengan selembut mungkin, agar tidak menyakiti tubuh dan bulu burung kacer.

6. Terapi Kacer dengan Kerodong Sangkar

Terdapat banyak manfaat dalam memberikan kerodong pada kandang burung kacer yaitu, membuat burung kacer tidur dengan lebih tenang dan nyaman, menjaga suhu udara agar hangat, menghindari pemangsa, mencegah stres, supaya mental burung menjadi lebih berani untuk bertarung.

7. Melatih Burung Dengan Keramaian

Supaya mental burung semakin kuat, latihlah burung dengan keramaian, seperti membawanya ke rumah teman yang sedang berkumpul untuk berdiskusi membahas masalah burung, atau membawanya ke tempat perlombaan agar burung terbiasa dengan keramaian. hal ini bertujuan agar burung tidak kaget atau down saat nantinya di turunkan dalam lomba atau kontes.

Itulah beberapa tips atau cara merawat burung kacer agar cepat gacor, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua para pecinta burung kicau. kalau misalnya ada yang mau di tanyakan, silahkan berikan komentar anda di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *