Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Agar Kuat dan Lincah

Diposting pada

Cara merawat ayam bangkok memang gampang-gampang susah, kerena butuh ketelatenan dan ketelitian yang cukup menyita waktu. namun usaha tidak menghianati hasil, perawatan yang baik dan benar maka akan menghasilkan ayam bangkok dengan kualitas mental dan pukulan diatas rata-rata. berikut ini adalah tips dan tata cara merawat ayam bankok aduan khusus bagi anda yang masih pemula.

Ayam bangkok adalah ayam jago aduan yang paling populer di Indonesia maupaun di dunia. ayam jenis ini memiliki ketahanan fisik dalam bertarung melebihi ayam-ayam jenis lainya. ayam bangkok super kualitas terbaik yang telah melewati perawatan khusus, memiliki pukulan yang mematikan, tidak butuh waktu lama untuk merobohkan lawanya. ayam kategori ini tentu memiliki harga yang fantastis, bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Kenapa harus ayam bangkok? kan ada banyak ayam lainya yang juga pandai bertarung. karena telah di lakukan peneletian dan telah di uji oleh para komunitas ayam aduan, bahwa ayam bangkok adalah jenis ayam petarung yang paling kuat. selain itu, postur tubuhnya yang gagah, membuat ayam bangkok terlihat semakin sangar. hal ini yang membuat ayam bangkok menjadi jenis ayam yang paling di gemari.

Saat ini telah banyak tuturial atau tips merawat ayam bangkok yang tersedia di internet yang bisa anda jadikan patokan untuk merawat ayam kesayangan anda. namun dari kebanyakan tips perawatan tersebut, hampir semua langkah-langkahnya sama, untuk itu, berikut ini saya akan share cara merawat ayam bangkok berdasarkan pengalaman saya.

cara merawat ayam bangkok

Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan benar

Perawatan ayam bangkok sehar-hari memang harus dilakukan secara rutin, agar fisik, hati dan mental ayam benar-benar jadi. berikut ini adalah beberapa cara merawat ayam bangkok yang bisa anda terapkan.

Makanan Ayam Bangkok

Makanan ayam bangkok yang akan saya bahas disini adalah makanan ayam umur 6 bulan keatas, dimana ayam usia ini postur tubuh dan mental bertarungnya mulai tumbuh. makanan yang baik untuk diberikan adalah, jagung, beras merah, voer, dan nasi.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Prenjak Biar Cepat Gacor

Tahapan pemberian pakan :

Pada saat pagi hari berikan suapan nasi kepada ayam bangkok, silahkan kepalkan nasi sebesar ibu jari, kemudian suapkan kepada ayam bangkok sampai kenyang, kemudian berikan makanan tambahan seperti jagung, voer dan beras merah. voer berfungsi untuk penggemukan, beras merah untuk memadatkan tubuh, sedangkan jagung untuk mempercepat pertumbuhan bulu ayam.

Bersihkan Kandang Ayam Bangkok

Kebersihan kandang ayam bangkok juga sangatlah penting, karena mencegah ayam dari berbagai penyakit. bersihkan kandang setiap 2-3 hari sekali, bila perlu semprot kandang dengan air kemudian jemur hingga kering. kebersihan kandang juga menghindarkan ayam dari kutu yang mengganggu.

Menjemur Ayam Bangkok

Penjemuran ayam bangkok juga bertujuan untuk menjaga kesehatan fisik ayam, selain itu juga sebagai proses melatih pernafasan. berikut ini tips atau cara penjemuran yang benar.

Jemurlah ayam bangkok setelah selesai pemberian makan di pagi hari. setelah itu mandikan, lalu jemur ayam di terik sinar matahari pagi. pada saat penjemuran, jangan berikan makan atau minum pada ayam, biarkan ayam kepanasan hingga ngos-ngosan, itu bertujuan untuk melatih saluran penafasanya serta fisik. lamanya proses penjemuran bisa 1-2 jam, bisa di atas beton atau di atas rumput. tapi ingat, kalau menjemur ayam di atas beton, silahkan berikan alas, supaya kaki ayam tidak melepuh terkena panasnya sinar matahari.

Melakukan Tren dengan Ayam Bangkok Lain

Maksudnya tren ayam bangkok di sini adalah melatih ayam bangkok dengan cara mengadunya dengan ayam bangkok lain. tapi saat melakukan tren jangan kelamaan, karena tujuan dari tren adalah hanya melatih mental bertarung ayam, kalau kelamaan nanti ayam malah kelelahan dan kabur. kalau sudah kabur begini hati ayam bisa rusak.

Penempatan Wadah Makan dan Minum

Menempatkan wadah makan dan minum ayam bangkok juga tidak boleh sembarangan, baiknya tempatkan wadah setinggi laher ayam, agar ayam terbiasa berdiri tegak, selain itu untuk membantu pertumbuhan ayam supaya maksimal.

Sediakan kandang keparan

Selain menempatkan ayam didalam box atau kandang, sediakn juga kandang untuk keparan, agar ayam bangkok bisa beraktifitas seperti ayam pada umumnya, seperti lari, mandi dan lain sebagainya. kegunaan kandang keparan lainya adalah agar ayam bangkok bisa bergerak dengan bebas.

Untuk perawatan dan pelatihan tambahan, bisa anda lakukan sendiri, selagi latihan tersebut tidak membahayakan kesehatan ayam. semoga dengan cara merawat ayam bangkok diatas, ayam kesayangan anda bisa menjadi ayam hebat yang memiliki insting pukul saraf, sehingga dapat mengalahkan lawan dengan cepat.

Demikian adalah artikel mengenai perawatan ayam bangkok yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. jangan lupa share artikel ini kepada kepada teman-teman anda, agar mereka juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *