Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap

Diposting pada

Berdoa merupakan cara kita berkomunikasi dengan Allah swt. Melalui doa kita memohon petunjuk dan bantuan dan mengadu kepada Allah swt atas permasalahan yang kita hadapi.

Allah swt begitu dekat dengan orang-orang yang berdoa, sebagaimana diterangkan oleh Allah swt dalam firmannya :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

bacaan doa selamat dunia dan akhirat

Bentuk kedekatan Allah swt terhadap hambanya itu ada dua macam, yaitu :

  1. kedekatan Allah swt yang umum dengan ilmu-nya, berlaku pada setiap makhluknya.
  2. kedekatan Allah swt yang khusus dengan hambanya yang berdoa kepadanya , yaitu Allah akan mengakbulkan doanya, menolongnya dan memberi taufik pada-nya.(Taisir Al Karimir Rahman, hal. 87)

Baca Juga : Panduan Qurban Hari Raya Idul Adha Lengkap

Doa memeiliki kekuatan khusus didalamnya, doa merupakan sebab utama seseorang bisa meraih impian dan harapannya. Dalam mengabulkan doa hambanya Allah swt. memiliki dua cara yaitu dengan mengabulkan sesuai yang diminta atau menggantinya dengan yang lebih ia butuhkan. Allah swt lebih mengetahui apa yang kita butuhkan bukan hanya sekedar mengikuti keinginan hamabany.

Perlu kita sadari kita tidak akan berarti tanpa pertolongan Allah swt. sungguh sangatlah wajar seorang hamba memohon kepada sang penciptanya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai bacaan doa selamat dunia akhirat.

Doa ini bertujuan agar diberi perlindungan dan petunjuk kepada Allah swt agar kita senantiasa dilindungi dan ditunjukkan jalan yang benar guna keselamatan di dunia maupuan di akhirat kelak.

Doa ini biasanya dibaca setelah shalat fardhu 5 waktu, meski demikan bukan berarti doa ini khusus dibaca setelah shalat. Kita diperbolehkan berdoa kapan saja.

Berikut ini adalah bacaan doa selamat lengkap dalam bahasa arab dan teks latin lengkap dengan artinya semoga mudah difahami dan bisa diamalkan :

Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allohumma inna nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti

Artinya : “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Selain doa selamat diatas, masih terdapat doa selamat yang lainnya yaitu :

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِى الدّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKAL ‘AFWA WAL ‘AAFIYATA FIDDIINI WAD DUN-YA WAL AAKAHIROTI

Artinya : “Ya Allah, kami mohon ampunan kepadaMu dan limpahkanlah kesejahteraan agama dunia dan akhirat.”

Allah swt. bersama dengan orang-orang yang gemar berdoa. Dengan kita berdoa itu artinya kita telah menyadari bahwa kita didunia maupun diakhirat tak memiliki apapun dan tak mampu melakukan sesuatu tanpa pertolongannya. Dan semoga kita termasuk orang-orang yang mendapat pertolongan dan petunjuknya. Aamiin …

Itulah beberapa doa mohon keselamatan di dunia dan di akhirat. untuk teman-teman yang belum hafal, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk menghafalkannya. kalau teman-teman sudah hafal, jangan lupa untuk mengamalkannya setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *