Bacaan Bilal Sholat Idul Fitri Lengkap

Bacaan Bilal Sholat Idul Fitri – Saat ini kita telah memasuki akhir-akhir Ramadhan yang selanjutnya akan merayakan hari raya idul fitri. Hari raya Idul fitri itu sendiri jatuh pada tanggal 1 bulan syawal dalam penanggalan Hijriyah.

Pada tanggal 1 syawal mulai berakhirnya puasa di bulan Ramadhan, yang kemudian merayakan Idul Fitri. Awal pagi hari dibulan syawal dilaksanakan Shalat Ied , dan di sunnahkan untuk melaksanakan shalat Ied ini ditanah lapang.

Shalat Ied Idul Fitri Tidak diawali dengan Adzan ataupun khutbah. Sebelum melaksanakan shalat Ied terdapat seorang bilal yang menyerukan shalat Idul Fitri kepada seluruh Jama’ah.

Nah, mungkin diantara teman-teman ada yang ditunjuk untuk menjadi bilal ketika shalat idul fitri ,namun belum mengetahui ataupun lupa dengan lafadz bacaan dan tata caranya.

Jangan Risau,Pada kesempatan kali ini Ciudad1.com akan membahas mengenai lafadz bacaan bilal shalat idul fitri lengkap dengan tata caranya. Dan untuk Tata Cara Shalat Idul Fitri sendiri teman-teman bisa membacanya  pada artikel yang telah kami bagikan sebelumnya.

Lafadz bacaan bilal sholat idul fitri

Bacaan Bilal Sholat Idul Fitri

1. Tahap pertama yang dibaca seorang bilal adalah kalimat takbir sebanyak dua kali dan lanjutkan dengan menyerukan shalat idul fitri kepada seluruh jama’ah. Berikut adalah lafadz kalimat takbir dan seruan untuk shalat idul fitri :

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، لاَ إلٰهَ إلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ
الصَّلاَةُ سُنَّةً لِعِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةً رَحِمَكُمُ اللهُ × ٢
الصَّلاَةُ لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ مُـحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ

2. Setelah selesai melaksanakan shalat Idul Fitri, petugas bilal kembali berdiri dan mengucapkan kalimat berikut sembari menghadap ke jama’ah.

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، قَدْنَزَلَ عَلَيْكُمْ يَوْمُ الْعِيْدِمُوْسِمُ اْلبَرَكاَتِ وَاْلمَزِيْدِوَظِيَافَةُلَكُمْ مِّنَ اللّٰهِ اْلكَرِيْمِ. اَنْصِتُوْاوَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ، ×۳

3. Setelah bilal selesai mengucapkan kalimat diatas, khatib-pun berjalan ke mimbar dan kemudian petugas bilal memimpin doa. (tetap dalam posisi berdiri)

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ
اَللّٰهُمَّ قَوِّ اْلإِسْلاَمَ, مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ , وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ , اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ , وَانْصُرْهُمْ عَلَى اْلمُعَانِدِّيْنَ . يَارَبِّ اخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ , وَيَاخَيْرَ النَّاصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

4. Setelah itu khotib mulai berkhutbah, dan selanjutnya sebelum memasuki khutbah kedua terlebih dahulu petugas bilal membaca shalawat nabi dengan posisi duduk :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ ، وَزِدْوَاَنْعِمْ وَتَفَضَلْ وَبَارِكْ ، بِجَلَالِكَ وَكَمَالِكَ عَلٰى زَيْنِ عِبَادِكْ ، وَاَشْرَفِ عِبَادِكَ ، سَيِّدِاْلعَرَبِ وَاْلعَجَمِ ، وَاِمَامِ طَيْبَةَوَاْلحَرَمِ ، سَيِّدِنَاوَمَوْلَانَا مَحَمَّدٍ وَّعَلىٰ آلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلِّمْ وَرَضِيَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالىٰ عَنْ كُلِّ صَحَا بَةِ رَسُوْلِ اللهِ اَجْمَعِيْنَ

5. Dan setelah khotib selesai membaca doa maka selesai pula rangkaian shalat idul fitrinya.

Baca juga :

Demikianlah rangkaian lafadz bacaan bilal sholat idul fitri dan tuntunannya, semoga bermanfaat dan mudah untuk difahami.

Tags: