Amalan Utama di Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah

Diposting pada

Amalan utama di bulan Ramadhan – Bulan ramadhan merupakan bulan mulia yang penuh dengan rahmat dan ampunan Allah subhanahu wata’ala. Didalam ini segala kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya, bahkan tidurnya orang puasa di bulan ini pun menjadi nilai ibadah baginya.

Sungguh keistimewaan yang luar biasa yang diberikan oleh Allah. Oleh karena itu, kita jangan sia-siakan yang telah diberikan ini, kita harus memanfaatkannya dengan memperbanyak amalan dan memohon ampunan kepada Allah subhanahu wata’ala.

Berbicara tentang amalan, Amalan apa saja sih yang utama dilakukan dibulan ramadhan ? Benar, jika setiap amalan yang dilakukan pada bulan ini terhitung pahalanya, akan tetapi ada beberapa amalan yang utama yang harus dilakukan dibulan ramadhan. Berikut ini adalah bentuk-bentuk amalan utam di bulan ramadhan sesuai dengan sunnah Rasulullah shallallhu ‘alaihi wa sallam !

Baca juga : Lafadz Niat Puasa Ramadhan

Amalan Utama di Bulan Ramadhan

Amalan Utama di Bulan Ramadhan

1. Berpuasa (shiyam)

Sudah pasti amalan yang pertama perlu dilakukan adalah berpuasa. Sebagaimana Allah swt. berfirman didalam surah Al-Baqarah:183 :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

2. Membaca Al-Qur’an (tilawah)

Amalan yang berikutnya adalah memperbanyak membaca Al-Qur’an. Karena, bulan ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan alangkah baiknya jika diisi dengan kegiatan-kegiatan ibadah agar tidak sia-sia.

Imam Az-Zuhri berkata,

“Apabila datang Ramadhan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca Al-Qur’an.” Bacalah dengan tajwid yang baik dan tadabburi, pahami, dan amalkan isinya. Insya Allah, kita akan menjadi insan yang berkah.

3. Memberi santapan untuk berbuka puasa 

Sungguh mulianya bulan ramadhan ini, segala bentuk kebajikan yang dilakukan dengan penuh keikhlasan memiliki nilai yang besar. Memberikan santapan atau makanan untuk berbuka puasa kepada orang-orang yang berpuasa akan diberikan nilai pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu.

4. Shalat Tarawih

Shalat tarawih adalah shalat sunnah khusus yang dilakukan hanya dibulan ramadhan saja. Shalat tarawih menjadi amalan utama yang disunnahkan Rasulullah saw. untuk dilaksanakan di bulan ini. Terdapat banyak keutamaan yang diperoleh dari shalat tarawih.

Salah satu keutamaan yang diperoleh adalah akan memperoleh ampunan dari dosa yang telah lalu. Sebagaimana disampaikan dalam suatu riwayat :

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi. Hadits ini memberitahukan bahwa shalat tarawih bisa menggugurkan dosa dengan syarat karena iman yaitu membenarkan pahala yang dijanjikan oleh Allah dan mencari pahala dari Allah, bukan karena riya’ atau alasan lainnya.

5. I’tikaf

I’tikaf adalah berdiam diri dimasjid dengan niat beribadah kepada Allah swt. I’tikaf merupakan amalan yang dilakukan Rasulullah saw. dibulan ramadhan.

Abu Sa’id Al-khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. pernah beri’tikaf pada awal Ramadhan, pertengahan Ramadhan, dan paling sering di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Karena, dianggap ibadah yang berat oleh kebanyakan orang muslim untuk dilakukan kini sangat jarang sekali orang melakukan ini.

6. Umrah

Apabila anda memiliki rezeki yang cukup maka pergilah umrah. Pergi umrah dibulan ramadhan nilainya seperti pergi haji bersama dengan Rasulullah saw. Hal ini Sesuai dengan sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam ;

“Rasulullah saw. berkata kepada Ummu Sinan, seorang wanita Anshar, agar apabila datang bulan Ramadhan, hendaklah ia melakukan umrah, karena nilainya setara denagn haji bersama Rasulullah saw.” (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Perbanyak Istighfar (Taubat)

Bulan ramadhan merupakan bulan ampunan, dibulan ini Allah membuka pintu ampunan dan disetiap malamnya Allah subhanahu wata’ala membebaskan banyak hambanya dari Api Neraka.

Oleh,sebab itu gunakan kesempatan yang diberikan Allah untuk perbanyak istighfar, bertaubat kepada-nya dan memohon ampunan kepada-nya.

8. Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah amalan yang wajib dilakukan bagi setiap umat islam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tujuannya adalah untuk untuk mensucikan orang yang melakukan puasa dan untuk membantu fakir miskin. Zakat fitrah ini dilakukan sebelum bulan ramadhan berakhir.

Baca juga : Bacaan Niat Puasa Qadha

Itulah beberapa bentuk amalan utama di bulan ramadhan. Semoga apa yang telah dijelaskan diatas dapat kita amalkan dibulan ramadhan ini dengan ikhlas karena Allah swt. Aamiin….

Jika apa yang sudah kami bermanfaat, silahkan bagikan dan kunjungi terus Ciudad1.com karena insyaallah kami akan selalu membagikan artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *